Harga Emas Diprediksi Tembus Rp 1,6 Juta Per Gram

Harga Emas Diprediksi Tembus Rp 1,6 Juta Per Gram

Ilustrasi.

Jakarta - Harga emas di Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan. Meski sempat menurun, namun diprediksi harga logam mulia itu bisa tembus US$ 3.400 per troy ons.

Dikutip dari detikcom, 1 troy ons ekuivalen atau sama dengan 31,1 gram. Maka jika harga emas tembus US$ 3.400 per troy ons, harga per gramnya setara dengan Rp 1,6 juta per gram (kurs Rp 14.700/US$).

Logam mulia hampir 5,5% menyentuh level tertinggi sepanjang masa pada 6 Agustus kemarin, diperdagangkan di sekitar level US$ 1.939 per ons pada hari Rabu. Namun harga emas turun lebih dari 6% dalam sesi perdagangan Selasa, penurunan satu hari terburuk mereka dalam tujuh tahun.

Meski begitu, CEO Van Eck Associates Jan Van Eck tidak melihat konsolidasi itu akan bertahan lama karena lingkungan pasar deflasi dengan tingkat yang sama dari stimulus pemerintah dan risiko sistemik telah menjadi bullish untuk emas di masa lalu.

"Kami menjadi benar-benar bullish musim panas lalu ketika emas keluar dari pasar sideways enam tahun dan kemudian konfirmasi lainnya terjadi ketika emas mencapai level tertinggi sepanjang masa sebulan yang lalu," kata van Eck dikutip dari CNBC, Kamis (13/8/2020).

"Saya terlalu menyederhanakan di sini, tetapi emas bersaing dengan suku bunga. Jika suku bunga tinggi, emas, yang pada dasarnya tidak membayar suku bunga, menjadi kurang menarik. Saat suku bunga vektor menuju nol, yang sekarang terjadi, maka daya tarik relatif emas tumbuh. Benar-benar sesederhana itu," tambahnya.

CEO ETF Trends and ETF Database, Tom Lydon menandai beberapa katalis lain yang dapat mendorong emas lebih tinggi. Dia tidak setuju alasan sepenuhnya adalah deflasi, tetapi juga akibat stagflasi yang mana disebabkan oleh pengangguran yang meningkat, pertumbuhan ekonomi yang melambat dan suku bunga rendah.

"Ada periode stagflasi lainnya dari waktu ke waktu di mana emas telah berkembang sangat, sangat baik," terangnya.

Emas juga mendapat keuntungan dari permintaan luar negeri. Sehingga permintaannya terus naik dan berpengaruh terhadap harga.

"Ini bukan hanya bank sentral. Bukan hanya investor individu seperti kami. Permintaan perhiasan terus kuat di negara-negara pasar berkembang. Itu juga mendukung harga dan pada akhirnya, semakin mahal untuk mengeluarkan satu ons emas," tuturnya.

Penelitian Ben Carlson dari Ritholtz Wealth Management menunjukkan dalam 50 tahun terakhir, dolar naik secara tahunan kira-kira separuh waktu. Pada tahun-tahun ketika mata uang AS naik, pengembalian tahunan rata-rata emas adalah sekitar 1% kerugian. Di tahun-tahun ketika turun, pengembalian emas sekitar 18%. Jadi, jika dolar terus turun, itu tidak akan buruk untuk emas.

"Jadi Anda memeriksa suku bunga riil dan inflasi dan semua hal ini, tapi emas sebenarnya adalah lindung nilai yang sangat bagus terhadap dolar AS yang jatuh," sebutnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews