Pohon Jambu Monyet Terbesar di Dunia, Akarnya Sampai Jadi Hutan Mini

Pohon Jambu Monyet Terbesar di Dunia, Akarnya Sampai Jadi Hutan Mini

BRASIL punya sebuah tanaman raksasa bergelar pohon jambu monyet terbesar di dunia. Pohon raksasa ini berada di dekat pantai Pirangi do Norte, Natal, Rio Grande do Norte. Sampai saat ini menjadi objek foto favorit para turis yang berkunjung ke Pirangi do Norte.


Besarnya Setara 70 Pohon Jambu Monyet Biasa


Wikimedia Commons/Flickr/Marina Almeida

Pohon ini disebut maior cajueiro do mundo dalam bahasa Portugis, artinya pohon jambu monyet terbesar di dunia. Nama latinnya adalah Anacardium occidentale.

Guinness World Records menggelarinya pohon jambu monyet terbesar di dunia. Luasnya setara 70 pohon jambu monyet biasa. Cabangnya saja bisa mencapai panjang 50 meter jika diukur dari batang utama pohon.

 

Hasil Mutasi Genetik



Wikimedia Commons/Mateus Figueiredo

Satu pohon ini saja bisa menutup area seluas 8.500 meter persegi. Uniknya, pohon ini masih terus tumbuh. Jadi bukan tidak mungkin ukurannya akan terus bertambah.

"Ukurannya yang luar biasa adalah hasil dari mutasi genetik yang memungkinkan empat dari lima cabang pohon untuk membentuk akar baru setiap menyentuh tanah. Seiring waktu, titik-titik ini menjadi batang sekunder yang secara efektif merupakan klon dari pohon asli," begitulah keterangan Guinness.

 


Shutterstock/Leonard Rodriguez

Tidak diketahui pasti siapa yang menanamnya. Namun publik meyakini kalau penanamnya adalah seorang nelayan bernama Luis Inacio de Oliveira pada tahun 1888. Namun ada juga yang berpendapat kalau pohon ini sudah berusia seribu tahun. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews