Mengapa Bendera Nepal Bentuknya Beda Sendiri?

Mengapa Bendera Nepal Bentuknya Beda Sendiri?

Bendera Nepal (Reuters)

Nepal adalah satu-satunya negara di dunia yang bentuk benderanya unik. Bukan persegi, melainkan seperti dua segitiga bertumpuk. Apa makna bendera itu?

Jika menyebut bendera paling unik di dunia, maka Nepal adalah jawabannya. Bentuk bendera negara yang merdeka pada tahun 1923 dari Inggris tersebut, berupa dua segitiga.

Bendera Nepal yang bentuknya unik itu sudah digunakan sebagai bendera nasional pada 16 Desember tahun 1962. Ada tiga versi yang menyatakan, mengapa bendera Nepal bentuknya segitiga.

Pertama, bentuk segitiga melambangkan wilayah Nepal yang berupa pegunungan. Tak ayal, negara ini memang dilintasi oleh Pegunungan Himalaya dengan banyak puncak yang berbentuk segitiga.

Kedua, bentuk segitiga merupakan bendera-bendera kerajaan Hindu dan Buddha di Asia dari zaman dulu. Nepal pun ingin mempertahankan hal tersebut.

Versi ketiga, dua segitiga pada bendera Nepal melambangkan dua dinasti yang pernah berkuasa di Nepal. Kedua dinasti tersebut adalah dinasti Shah dan Rana.

Warna merah yang jadi latar warna benderanya, melambangkan keberanian. Sedangkan pinggiran bendera yang berwarna biru, melambangkan kedamaian.

Pada bendera negara Nepal, juga terdapat lambang bulan sabit di bagian atas dan matahari di bagian bawah. Lambang-lambang itu menggambarkan betapa dinginnya dan hangatnya Nepal.

Usut punya usut, bendera Nepal berbentuk segitiga itu sudah dipakai oleh Prithvi Narayan Shah. Dia merupakan seorang pria yang menyatukan semua kerajaan di Nepal pada tahun 1768.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews