Panas Ekstrem Landa Inggris, Ribuan Ayam Mati Terpanggang

Panas Ekstrem Landa Inggris, Ribuan Ayam Mati Terpanggang

Ilustrasi

Inggris - Ribuan ayam mati terpanggang di peternakan unggas Moy Park di Newton on Trent, Lincolnshire, Inggris. Persitiwa itu terjadi pada Kamis (26/7/2019). Ayam-ayam tersebut mati gara-gara cuaca panas tak tertahankan yang suhunya mencapai 39 derajat Celsius.

The Lincolnite melaporkan, ayam-ayam mati yang sebelumnya ditumpuk di luar itu telah diangkut dengan gerobak. Seorang pekerja mengatakan kepada The Lincolnite, perlu berhari-hari bagi ia dan rekan-rekan kerjanya untuk mengumpulkan hewan-hewan mati itu dari kandang.

"Kami mencoba melakukan segalanya, tetapi tidak ada lagi yang bisa kami lakukan. Cuaca tak normalah yang telah melakukan ini pada mereka. Tolong jangan mengubah ini semua menjadi sesuatu yang buruk," kata staf peternakan.

"Sangat sulit mengangkut hewan-hewan ini keluar dari peternakan selama beberapa hari terakhir. Kata aktivis hewan kami tidak peduli dengan ayam-ayam ini, padahal kami benar-benar peduli," imbuhnya.

Dalam forum di internet, aktivis hak-hak binatang Mike Bushby mengungkapkan, ribuan unggas telah mati di peternakan pada Kamis.

"Ayam-ayam ini (jumlahnya 1.000-an) mati selama terjadi gelombang panas (Kamis). Bisakah kalian bayangkan betapa menderitanya mereka?" kata Bushby, marah.

Sementara itu,  juru bicara peternakan mengatakan kepada The Independent, "Kami bekerja sama dengan mitra peternakan kami untuk memantau situasi dan telah menerapkan prosedur untuk membantu melindungi unggas-unggas kami dari panas yang ekstrem," ucapnya.

Namun ia tidak menyebutkan jumlah ayam yang mati karena panas dan ada atau tidak yang selamat. Perusahaan ini, dikutip dari The Sun, bertanggung jawab atas pasokan daging ayam di supermarket raksasa seperti Sainsbury's dan Tesco.

Moy Park mengklaim dirinya sebagai "Perusahaan Makanan Pilihan Eropa" dan teah mendapat sertifikasi manajemen lingkungan pada September lalu. Peternakan tersebut memproses lebih dari 280 juta ayam setiap tahun.

"Kesejahteraan hewan sangat penting dan kami berhubungan dekat dengan pemasok kami terkait suhu pekan lalu," ujar juru bicara Sainsbury.

Analis Met Office, layanan meteorologi Inggris, mengabarkan, Cambridge, yang bisa ditempuh dengan mobil dalam waktu 90 menit dari peternakan Lincolnshire, mencatatkan suhu yang mencapai 38,7 derajat Celsius pada Kamis. Angka tersebut memecahkan rekor panas Inggris sebelumnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews