Fungsi Sunscreen dan Sunblock Ternyata Tak Sama, Ini Penjelasan Ahli Kecantikan

Fungsi Sunscreen dan Sunblock Ternyata Tak Sama, Ini Penjelasan Ahli Kecantikan

dr. Farah, salah satu konsultan kecantikan. (Foto: Johannes Saragih/batamnews)

Batam - Tinggal di daerah tropis dengan paparan sinar matahari yang tinggi seperti Indonesia, penggunaan tabir surya menjadi sebuah kewajiban. 

Tujuannya untuk melindungi serta menghindari dampak buruk dari Ultraviolet-A dan Ultraviolet-B yang mampu merusak kesehatan kulit. 

Di pasaran sendiri produk tabir surya terdiri dari dua jenis yaitu sunscreen dan sunblock. Sekilas masyarakat banyak yang menganggap kedua produk ini sama. Padahal dua produk ini walaupun sama-sama produk tabir surya, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Menurut dr. Farah dari The Emdee Skin Clinic mengatakan perbedaan kedua jenis tabir surya adalah pada kinerjanya karena sifat dari kedua kandungan tabir surya tersebut berbeda. Sunblock kinerjanya melapisi kulit, sedangkan sunscreen menyerap ke kulit.

"Kalau Sunblock itu sifatnya memproteksi full dia memblock dan memantulkan sinar matahari yang menyentuh kulit kita, sedangkan sunscreen itu sifat menyaring, sinar matahari yang terkena kulit, sehingga masih ada sinar UV yang lewat," kata Farah. 

Lalu manakah yang lebih baik digunakan untuk kita yang tinggal di daerah tropis seperti Kota Batam?

Menurut Farah keduanya sama-sama baik karena punya fungsi yang berbeda satu sama lain. Untuk yang memiliki aktivitas di dalam ruangan disarankan untuk menggunakan sunscreen karena sinar radiasi UVA mampu menembus ke dalam ruangan. 

"Untuk yang di dalam ruang penggunaan tabir surya cukup menggunakan sunscreen untuk memfilter radiasi matahari yang masuk kedalam ruangan, sedangkan yang memiliki aktivitas padat di luar lapangan, disarankan untuk menggunakan sunblock, untuk memblock paparan sinar matahari ke kulit,” tuturnya. 

Paparan sinar matahari sendiri tidak semuanya buruk untuk kulit, oleh karena itu, penggunaan sunscreen berfungsi untuk memfilter kandungan terbaik sinar matahari agar diserap kulit. Namun hal ini tentunya tidak disarankan bagi yang memiliki aktivitas tinggi di luar ruangan. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews