Suhu Udara Panas? 10 Makanan Ini Bisa Bikin Tubuh Tetap Merasa Sejuk

Suhu Udara Panas? 10 Makanan Ini Bisa Bikin Tubuh Tetap Merasa Sejuk

Foto: Istimewa

Jakarta - Sebagian besar daerah tengah mengalami suhu panas, supaya tubuh tetap adem, perhatikan asupan makanannya. Ada 10 makanan yang cocok disantap saat panas.

Kalau tak memperhatikan asupan makanan, tubuh pasti akan dehidrasi. Belum lagi efeknya mulai berkeringat dan lemas. Tapi dampak ini bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Dilansir dari Independent, makanan yang kita makan memiliki peran besar untuk mengatur suhu tubuh. Makanan dan minuman bisa membuat tubuh merasa hangat atau dingin.

Makanan dengan kandungan air yang tinggi bisa jadi pilihan untuk tetap membuat tubuh merasa dingin dan sejuk. Menurut para ahli, berikut 10 makanan yang bisa mendinginkan tubuh.

1. Mentimun (kandungan air 96 persen)
2. Stroberi (kandungan air 91 persen)
3. Semangka (kandungan air 92 persen)
4. Zucchini (kandungan air 95 persen)
5. Nanas (kandungan air 87 persen)
6. Mangga (kandungan air 83 persen)
7. Paprika hijau (kandungan air92 persen)
8. Jeruk (kandungan air 87 persen)
9. Selada lettuce (kandungan air 95 persen)
10. Daun seledri (kandungan air 93 persen)

Sayangnya tidak ada es krim dalam daftar makanan tersebut, padahal es krim sering dijadikan makanan andalan saat suhu panas melanda. Menurut ilmuwan Peter Poortvliet dari University of Queensland, tubuh kita menghasilkan panas ketika mencoba mencerna es krim.

"Kelihatannya memang masuk akal saat menyantap makanan dingin seperti es krim. Efek pendinginan terasa cepat namun akan berganti dengan rasa panas yang berasal dari proses pencernaan untuk memecah nutrisi dalam es krim," kata Peter Poortvliet.

"Mencerna makanan yang kaya kalori menyebabkan peningkatan suhu tubuh," lanjutnya.

Namun yang paling baik untuk mengurangi dampak suhu udara panas adalah dengan mengonsumsi banyak air dan makanan yang menyegarkan.

Menurut Nichola LudlamRaine, seorang ahli gizi, "Saran saya sebagai ahli gizi adalah tubuh tetap terhidrasi air di udara panas. Simpan teko di dalam lemari es agar lebih mudah diminum."

Nichola juga menyarankan untuk menambahkan es batu yang berisi potongan lemon atau stroberi. Selain membuat air jadi dingin, minuman juga jadi lebih kaya rasa. Mentimun dan daun mint juga bisa dijadikan campuran es batu.

Meskipun juga sering disajikan dalam suhu dingin, nyatanya bir tidak disarankan dikonsumsi saat musim panas. Minuman keras memiliki efek membuat dehidrasi.

Sementara penikmat kopi, bisa pilih es latte sebagai asupan kafein harian. Tak perlu membeli latte mahal, Anda bisa membuatnya di rumah dengan tambahan es batu dan susu dingin.

Juga buah segar juga bisa jadi pilihan tepat untuk menjaga hidrasi tubuh. Nichola menyarankan untuk mengonsumsi jus wortel atau jus jeruk. Supaya rasanya lebih nikmat, bisa tambahkan yogurt dan es batu.    

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews