https://www.batamnews.co.id

Lagunya Dibatasi di Jawa Barat, Bruno Mars Marah-marah di Twitter

Bruno Mars.

Batam - Pembatasan lagu berbahasa Inggris di provinsi Jawa Barat memang mengundang pro dan kontra. Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) Jawa Barat telah merilis edaran mengenai hal itu dan memasukkan 17 lagu yang dibatasi penyiarannya karena dianggap melanggar norma kesopanan dan kesusilaan. Dua lagu Bruno Mars yang berjudul That's What I Like dan Versace On the Floor termasuk ke dalam lagu yang dibatasi pemutaranya di radio-radio Jawa Barat.

Sebagai pemilik lagu, Bruno Mars pun tidak terima dengan keputusan ini. Melalui akun official Twitter miliknya, Bruno Mars menyampaikan keberatannya karena beberapa lagunya dibatasi di Indonesia.

1. Bruno Mars singgung lagu-lagu terdahulu


Bruno Mars merasa pembatasan beberapa lagunya merusak hubungan baiknya dengan negara ini. Pasalnya, Bruno Mars merasa dia sudah memiliki nama besar di Indonesia dan lagu-lagunya terdahulu juga sukses di negeri ini.

Indonesia, saya sudah memberikan Anda lagu-lagu hits seperti "Nothing On You", "Just The Way You Are", dan "Treasure". Jangan rusak itu dengan aturan penyimpangan seksual ini.


2. Sindir Indonesia, Bruno Mars ikut libatkan Ed Sheeran

Bruno melayangkan protes ke Indonesia dengan ikut menyinggung lagu Ed Sheeran yang berjudul "Shape of You". Dengan nada sarkasme, Bruno menyinggung bahwa lagu Ed Sheeran tersebut menjadi penyebab musisi lain ikut terseret dalam pembatasan pemutaran lagu di radio Jawa Barat ini.

Apa-apaan. Saya sukses di Indonesia lalu Ed Sheeran hadir dengan lirik menyesatkan dan membuat kami semua ikut terseret. Terima kasih lho, Ed.

Saya cinta dengan bentuk tubuhmu? Kau seorang monster, Ed. Apalagi lagumu yang berjudul Thinking Out Loud itu. Apa kamu tidak malu?

Dua kutipan di atas merupakan luapan kemarahan Bruno Mars atas pembatasan lagunya. Bagi Bruno, tentu lagu-lagunya dan Ed Sheeran tidak memiliki muatan penyimpangan seksual yang esktrem sehingga tidak pantas dibatasi.

Ed Sheeran, yang tahun ini akan menggelar konser di Indonesia, belum memberikan pernyataan atau protes terkait pembatasan lagu-lagunya ini. Tidak seperti Bruno Mars, Ed Sheeran hanya memiliki satu lagu yang dibatasi pemutarannya, yaitu Shape of You.


3. Pembatasan pemutaran lagu-lagu berbahasa Inggris sudah diberitakan sejumlah media luar


Keputusan KPID Jawa Barat membatasai pemutaran beberapa lagu berbahasa Inggris ini tidak hanya ramai diberitakan oleh media-media dalam negeri. Media-media luar seperti Time dan The Guardian ikut menyoroti keputusan tersebut.

Time menyoroti masalah ini dengan sebuah artikel berjudul "Songs by Ed Sheeran, Bruno Mars, and Others Have Been Banned in Indonesia's Most Populous Province" yang kemudian menarik perhatian Bruno.

Wah, kalau sudah rame seperti ini, apa keputusannya bakal berubah, ya?


Penulis: Sri Mulyati