BPDB: Banyak Rumah Roboh Dihantam Tsunami di Lampung

BPDB: Banyak Rumah Roboh Dihantam Tsunami di Lampung

Mobil terbalik akibat tsunami di Lampung (Foto:net/lampungpro)

Jakarta - Empat kecamatan di Lampung Selatan terdampak tsunami. BPBD Kabupaten Lampung Selatan menyebut banyak rumah roboh akibat bencana tersebut.

"Dampak cukup parah di wilayah pesisir, rumah banyak yang roboh," ujar Kepala BPBD Kabupaten Lampung Selatan, Ketut Sukerta, Minggu (23/12/2018).

Sukerta mengatakan 4 kecamatan di Lampung Selatan yang terdampak tsunami yakni Kecamatan Rajabasa, Kecamatan Kalianda, Kecamatan Sidumolyo, dan Kecamatan Katibung. Kecamatan Kalianda dan Rajabasa terdampak paling parah.

"Yang agak parah di dua kecamatan, di Kalianda dan Rajabasa," kata Sukerta.

Saat ini pihaknya masih melakukan evakuasi korban. Kendala evakuasi yakni tertutupnya jalur evakuasi akibat material serpihan bangunan dan sampah kayu.

"Evakuasi korban ada kendalanya karena tadi malam kan gelap, jalur evaukasi tertutup oleh material bebatuan dan kayu, sampah. Saat ini masih dilakukan (evakuasi) sampai dengan selsai, tidak ada lagi yang dinyatakan hilang," jelasnya.

Rumah sakit setempat juga memberi bantuan terhadap korban luka. "Pertama kita lakukan pengobatan gratis pihak rumah sakit. Pembiayaan dari unsur pemerintah perlu musyawarah," kata dia.

Sebelumnya Sukerta menginformasikan ada 7 orang meninggal dan 89 orang luka-luka akibat tsunami di Lampung. Terkait tsunami ini, BMKG masih akan melakukan pengecekan benar-tidaknya gelombang tinggi air diakibatkan oleh longsoran erupsi Anak Gunung Krakatau.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews