Sejuta Pesona Siborong-borong, Tempat yang Disebut Dalam Lagu Sayur Kol

Sejuta Pesona Siborong-borong, Tempat yang Disebut Dalam Lagu Sayur Kol

Tugu Ombus-ombus merupakan salah satu ikon kota Siborong-borong (Foto: liputan6.com)

Jakarta - Belakangan ini, sedang viral video anak kecil menyanyikan lagu berjudul Sayur Kol karya Punxgoaran. Lagu ini bercerita tentang si Abang yang pergi ke Siborong-borong. Saking viralnya, banyak orang yang memparodikan lagu ini dengan gaya mereka.

Siborong-borong ternyata benar-benar ada dalam dunia nyata. Kecamatan yang terletak di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara itu terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan udaranya yang sejuk. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi dari Bandara Kualanamu karena Siborong-borong punya bandara terdekat, yaitu Bandara Silangit.

Dilansir dari berbagai sumber, ada lima tempat wisata di Siborong-borong yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Seperti apa keindahan objek wisata di Siborong-borong? Yuk, cek daftarnya.

1. Pulau Sibandang

Bila kamu berpikir bahwa pulau di Danau Toba hanya ada Pulau Samosir, maka kamu perlu tahu pulau ini. Ya, ada juga Pulau Sibandang yang tak kalah eksotisnya. Terletak hanya 40 menit dari bandara Silangit, pulau ini terkenal akan mangga lokalnya yang bercita-rasa internasional. Bahkan, pulau yang dijuluki Pulau Mangga ini memiliki keindahan alamnya yang eksotis pula, terutama di malam hari.

2. Air Terjun Aek Nadua

Siborong-borong juga punya air terjun, lho. Berlokasi di Lumban Tonga-tonga, debit air terjun ini cukup deras. Ada juga bendungan besar yang sedang dibangun di sana. Sayangnya, tempat wisata ini hanya bisa dikunjungi pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Siborong-borong untuk mencapai air terjun ini.

3. Ambar Onanrunggu

Berjarak 10 km dari Siborong-borong, Ambar Onanrunggu menyediakan kolam kecil dengan pemandangan pegunungan Bukit Barisan di sekitar lokasi. Tempat lokasi yang terletak di Kampung Sipahutar ini ternyata merupakan lokasi bersejarah bagi orang yang bermarga Nababan. Kolam di Ambar Onanrunggu ini tidak pernah kering pada musim kemarau. Keindahan tempat ini menarik perhatian wisatawan, apalagi tempat ini memiliki spot yang Instagrammable.

4. Pemandian Air Panas Sipoholon

Beralih ke selatan Siborong-borong yang memakan waktu 1 jam perjalanan, kita bisa menemukan Desa Tarutung yang memiliki pemandangan yang tak kalah indahnya. Ya, Tarutung memiliki pemandian air panas bernama Sipoholon. Pemandian air panas ini sangat pas untuk kamu yang ingin memanjakan badanmu. Sipoholon juga menyediakan tempat singgah yang menyajikan beberapa camilan penunda laparmu.

5. Air Soda Parbubu

Bila kamu penasaran bagaimana rasanya mandi air soda, datanglah ke pemandian air soda Parbubu di daerah Tarutung. Mata airnya terletak di kaki bukit daerah Tarutung di Desa Parbubu. Dengar-dengar, pemandian air soda ini cuma ada dua lho di dunia, satu lagi terletak di Venezuela. Tenang saja, kalau kita mandi, airnya tidak lengket di badan kok, malah membuat badan kita halus dan terasa ringan.

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews