Simulasi Latihan Pengamanan

Sat Gultor Kopassus Bebaskan Sandera di Perairan Batam

Sat Gultor Kopassus Bebaskan Sandera di Perairan Batam

Para personel Sat Gultor Kopassus yang terlibat dalam latihan pembebasan sandera di Batam. (Foto: Johannes Saragih).

Batam - Pasukan elit TNI AD, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) membebaskan sandera dari perompak di sekitar Selat Malaka, Sabtu (8/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB.

Tim Kopassus yang terdiri dari delapan orang prajurit, dengan teknik menekan, langsung menuju ke sasaran kapal tanker yang menjadi tempat tempat penyanderaan.

Tim sempat kewalahan karena cuaca yang kurang bersahabat di tengah lautan, namun itu semua dapat teratasi dan sandera berhasil diselamatkan.

Namun, cerita itu adalah bentuk dari latihan Kopassus di Batam. Komandan Satuan (Dansat) 81 Gultor Kopassus TNI AD, Kolonel Infanteri Yudha Airlangga mengatakan latihan itu adalah program tahunan Kopassus.

“Kami melaksanakan latihan pembebasan sandera di kapal. Sengaja kami pilih Pulau Batam sebagai tempat latihan kami, mengingat tingkat kerawanan yaitu pembajakan maupun perompakan kapal cukup terindikasi. Sehingga kami perlu mengenal daerah tersebut dan perlu belajar serta berkerjasama dengan instansi yang berada di sini,” ujar Yudha.

Yudha menjelaskan, tujuan dan sasaran dari latihan ini diharapkan dapat memelihara dan meningkatkan kinerja Kopassus dalam menyelesaikan masalah-masalah di laut.

“Terutama bagaimana kita mengenal cuaca di laut, medan, kemudian bagaimana kita mengenali karakteristik kapal di sekitar perairan Batam ini,” ucapnya.

Ditambah, latihan ini sengaja dilakukan pada bulan Desember saat cuaca sangat tidak bersahabat menjadi tantangan tersendiri.

Yudha berharap kedepannya Kopassus bisa lebih banyak berlatih di sini, agar lebih mengenal aspek cuaca yang berbeda dengan tempatnya berada, yaitu di Jakarta.

Komandan Kodim 0316 Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana selaku tuan rumah, sangat berterima kasih kepada Kopassus, khususnya pasukan Satuan 81 Gultor telah memilih Batam sebagai tempat latihan.

“Karena memang menurut saya, Batam ini memang memiliki wilayah yang strategis,” ucapnya.

Kegiatan ini menurut Romel akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada wilayah Batam.

“Karena dengan adanya Kopassus berlatih di sini, maka secara tidak langsung akan memberikan rasa aman nyaman bagi masyarakat sekitar Batam,” kata dia.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews