Legenda Komik Marvel, Stan Lee Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

Legenda Komik Marvel, Stan Lee Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

Stan Lee

Jakarta - Kabar duka datang dari dunia Hollywood, legenda komik marvel, Stan Lee meninggal dunia. Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun, ia dikenal sebagai legenda komik Marvel, pria di balik karakter populer Spider-Man, Iron Man, Black Panther, Thor, Fantastic Four, dan X-Men.

Legenda Komik Marvel, Stan Lee meninggal dunia Senin pagi (12/11/2018) waktu setempat di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles.

Dilansir Grid.ID dari news.com.au, penyebab kematiannya belum dipastikan, meskipun ia diketahui telah menderita beberapa penyakit selama setahun terakhir, termasuk pneumonia.

Stan Lee memulai kariernya di dunia komik pada tahun 1939 pada usia 17 ketika ia menjadi asisten di Timely Comics, yang kemudian berevolusi menjadi Marvel Comics. Ia diangkat sebagai editor majalah pada tahun 1941 dan memegang posisi tersebut sampai 1972, ketika ia menjadi penerbit.

Stan Lee berjasa membawa era baru kisah superhero, yang kemudian memiliki pengaruh besar atas bisnis film. Pada akhir tahun 50an, bosan dengan gaya perusahaan, ia mencoba bereksperimen dengan gaya baru para superhero yang lebih manusiawi.

Lee menciptakan karakter yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun bekerja di dunia komik. Kelompok superhero pertama yang ia impikan (bersama artis Jack Kirby) adalah Fantastic Four : Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan Thing.

Setelah kesuksesan itu, Lee dan Marvel memperkenalkan Spider-Man yang sangat populer, Hulk, Iron Man, Thor, X-Men dan Daredevil dalam waktu singkat antara 1961 dan 1964.

Lee pernah berkata pada Washington Post : “Saya dulu merasa malu karena saya hanyalah seorang penulis buku komik sementara orang lain membangun jembatan atau jadi dokter."

“Dan kemudian saya mulai menyadari: hiburan adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa itu, mereka mungkin akan berakhir. Saya merasa bahwa jika kamu dapat menghibur orang, kamu melakukan hal yang baik. ”

Karakter Marvel terkenal di seluruh dunia, dan film-filmnya telah mendominasi box office selama bertahun-tahun, menjadikan Marvel Cinematic Universe sebagai perusahaan film paling sukses sepanjang masa.

Meskipun keberhasilannya diakui dunia, Lee tentu juga memiliki masalah sendiri. Meskipun film-film blockbuster membuat tokoh-tokohnya bernilai miliaran, ia tak meraup banyak pundi-pundi uang.

Dia memiliki hubungan yang tak cukup baik dengan Marvel begitu mulai memproduksi film-film Hollywood. Ia pernah menggugat perusahaan di tahun 2002 atas royalti yang diklaimnya untuk film Spider-Man pertama.

Pada 2018, perkiraan kekayaan Lee adalah sekitar US $ 50 juta (Rp 740 Triliun). 

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews