Dilihat Dari Udara, Ini Simpang Susun Paling Rumit di Dunia

Dilihat Dari Udara, Ini Simpang Susun Paling Rumit di Dunia

Puxi Viaduct. (Foto: merdeka.com)

Batam - Dibuatnya simpang susun jalan bertujuan untuk memfasilitasi lalu lintas kendaraan di jalan raya yang semakin hari semakin meningkat penggunanya.

Dengan adanya simpang susun ini, diharapkan pengendara mobil bisa mencapai tujuan dengan cepat.

Meskipun begitu, simpang susun menjadi terlihat rumit jika dilihat dari udara. Bentuknya seperti garis yang melintang dengan arah yang berbeda-beda. Berikut beberapa simpang susun yang paling rumit di dunia:

1. The Judge Harry Pregerson Interchange

The Judge Harry Pregerson Interchange adalah salah satu simpang susun yang paling rumit di California, AS. Simpang susun ini memiliki banyak tujuan, dan dibuat berlapis-lapis untuk mencegah kemacetan lalu lintas.

Simpang susun memiliki 4 tingkat dan diresmikan pada tahun 1998. Yang membedakan jalur ini dengan jalur lain adalah adanya jalur khusus yang dibatasi untuk carpooling (parkir mobil di bahu jalan).

2. Tom Moreland Interchange

Penduduk setempat menyebut simpang susun ini sebagai "Spaghetti Junction", karena simpang susun ini saling bertumpuk antara Interstate 85 dan Interstate 285, timur laut Atlanta, Georgia. Simpang susun ini dibuka pada tahun 1987.

3. Puxi Viaduct

Puxi Viaduct Shanghai adalah salah satu simpang susun paling rumit di kota besar China. Jalan ini dilalui oleh ribuan kendaraan setiap jam dan ada lima tingkat jembatan. 

Simpang susun dibuat agar masyarakat tidak kena macet saat ingin menyebrangi menuju jalan raya yang paling ramai di negara itu.

4. Bukit Gravelly

Sama seperti Tom Moreland Interchange di Atlanta, Bukit Gravelly di Inggris juga disebut "THE Spaghetti Junction", karena wujud jalur yang rumit. Simpang susun Bukit Gravelly dibuka pada tahun 1972. Nama Bukit Gravelly dicantumkan karena letaknya yang berada di Bukit Gravelly Inggris.

(aiy)


Berita Terkait