3 Pelabuhan di Bintan Terpadat ke-4 di Indonesia

3 Pelabuhan di Bintan Terpadat ke-4 di Indonesia

Tiga pelabuhan laut di Tanjunguban Bintan tercatat sebagai pelabuhan terpadat. (foto: ary/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Tiga pelabuhan laut di Tanjunguban Bintan tercatat sebagai pelabuhan terpadat.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merilis bahwa tiga pelabuhan laut yang berada di bawah naungan Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Tanjunguban itu memiliki jumlah penumpang terpadat ke 4 dari 52 UPP se-Indonesia.

Pelabuhan tersebut terdiri dari Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Pelabuhan Roro ASDP Tanjunguban dan Pelabuhan Ferry Terminal BBT Kawasan Pariwisata Lagoi. Perhitungan jumlah penumpang itu mulai dilakukan dari H-15 sampai H+5. 

Kepala Pos Pelabuhan Bulang Linggi, Mamat Rahmat dari perhitungan itu 3 pelabuhan yang dinaungi UPP Tanjunguban mencatat jumlah penumpang sebanyak 102.985 orang.

"Jumlah kedatangan sebanyak 51.612 orang dan keberangkatan 51.373 orang," ujarnya, Kamis (21/6/2018).

Peringkat 1-3, kata Mamat, diraih oleh pelabuhan yang ada di Kepri. Diantaranya peringkat 1 di tangan UPP Batam dengan jumlah penumpang sebanyak 286.836 orang. 

Disusul UPP Tanjung Balai Karimun sebanyak 188.802 orang dan Tanjungpinang  sebanyak 160.915 orang. Meskipun Tanjunguban berada di posisi ke 4, tapi membuktikan bahwa bagian Utara Kabupaten Bintan ini sebagai pintu masuk pelabuhan laut strategis di Pulau Bintan. 

Bahkan destinasi wisata yang dimiliki oleh daerah ini masih berada di posisi ke 3 terpopuler di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. 

"Ribuan wisatawan asing juga banyak menghabiskan liburannya di Bintan," jelasnya.

3 pelabuhan di Bintan ini memiliki posisi yang sangat dekat dan cepat untuk menuju berbagai lokasi wisata di wilayah Utara Bintan. Itu terbukti dengan banyaknya kendaraan yang masuk dan keluar melalui Tanjunguban. 

Baca juga:

Dokter Forensik Ungkap Dugaan Penyebab Kematian Keluarga Joshua

Kapolda dan Kapolresta Kirim Papan Bunga ke Rumah Joshua

 

Bahkan saat Lebaran, banyak kendaraan mengantri untuk datang dan berangkat dari Tanjunguban menuju Batam.

"Penumpang yang mendominasi di 3 pelabuhan dari H-15 sampai H+5 itu disumbangkan dari arus mudik dan wisatawan saja," katanya.

Pihak UPP Tanjunguban akan terus meningkatkan pelayanan penumpang yang masuk dan keluar dari 3 pelabuhan. Kemudian keselamatan dan keamanan berlayar juga akan selalu diprioritaskan.

"Alhamdulillah sampai detik ini nihil accident. Kami terus berupaya mempertahankan kondisi ini dan memperhatikan aturan dan juga standarisasi keselamatan yang ada," ujarnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews