5 Cara Jitu Terhindar dari Begal

5 Cara Jitu Terhindar dari Begal

Irfan, pria 19 tahun yang berhasil melumpuhkan begal di Bekasi (Foto: Istimewa)

Aksi begal di jalan raya memang tak pandang bulu. Tidak hanya wanita, kaum pria pun tak luput dari sasaran. Seperti yang dialami Irfan, seorang pria yang nyaris saja dicelurit kawanan begal.

Beruntung Irfan memiliki kemampuan beladiri dan berhasil melumpuhkan pelaku begal.

Ia diadang begal bersenjata di flyover Summarecon Bekasi. 

Pemuda berusia 19 tahun itu membunuh begal yang mencoba merampas ponselnya. 

Dua begal, salah satunya tewas karena kalah duel dengan pemuda asal Madura, Jawa Timur tersebut. 

Tentu keadaan ini membuat was-was warga yang sering pulang pergi kerja saat malam hari. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa melakukan hal ini jika menjadi sasaran para begal.

1. Bunyikan klakson motor sekeras mungkin hingga orang lain dengar

Jika seseorang mengalami hal yang mencurigakan seperti sedang dipepet oleh segerombolan orang tak dikenal, ada baiknya bunyikan klakson motor sekeras mungkin dan secara terus menerus. Tujuannya, untuk menarik perhatian warga sekitar.

2. Jangan berhenti di tempat sepi pada malam hari

Pelaku begal biasanya mencari mangsa saat malam hari di tempat sepi. Biasanya pukul 23.00 hingga 04.00 pagi.

Untuk itu, pengguna kendaraan disarankan untuk tidak berhenti di tempat sepi, karena bisa memancing datangnya pelaku begal. Jika terpaksa harus berhenti, carilah tempat yang aman dan ramai warga.

3. Persenjatai diri

Untuk melindungi diri dari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kamu membawa senjata. Bukan senjata seperti senjata api atau senjata tajam seperti golok.

Kamu cukup bawa penyemprot merica (pepper spray) atau alat kejut listrik (stun gun) di tas. Dua senjata itu mudah dijumpai di mal-mal atau biasa dijual di toko online.

4. Hafalkan pelat motor pelaku

Jika pelaku membawa pistol atau senjata tajam, mungkin perlu pikirkan keselamatan kamu. Boleh jadi memberikan harta yang kamu punyai saat itu menjadi solusi.

Akan tetapi, kamu mesti aktif dengan mengenali ciri-ciri pelaku, termasuk nomor polisi kendaraannya, untuk nantinya kamu laporkan kepada polisi.

5. Hindari melewati jalan sepi

Jika ingin bepergian jauh, kenali medan yang akan dilalui. Kalau masih awam, lewat jalan utama yang cukup ramai atau ambil jalur paling dekat tetapi sudah paham kondisi di jalur yang dilewati.

Hindari juga melewati jalan sepi sekalipun dalam keadaan terpaksa. Apalagi jika dilakukan pada malam hari, sebab rawan kejahatan.

(snw)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews