Sulit Menahan Haus dan Lapar Saat Puasa? Begini Solusinya

Sulit Menahan Haus dan Lapar Saat Puasa? Begini Solusinya

foto: ilmubatin.com

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Bagi sebagian orang menahan haus dan lapar saat puasa menjadi sebuah kesulitan. Apalagi yang senang membiasakan diri ngemil setiap hari.

Saat puasa Anda harus rela meninggalkan kebiasaan tersebut. Jadwal makan yang biasanya rutin dilakuan secara tiga kali sehari, harus disesuaikan dengan waktu berbuka dan sahur.

Namun, bila dilewati, puasa sebenarnya bukan menjadi penghalang untuk beraktivitas di tengah menahan rasa haus dan lapar.

Anda hanya butuh cara untuk mengalihkan rasa lapar dan haus. Berikut ini adalah 6 tips mengatasi lapar saat puasa.

1. Kendalikan nafsu makan

Dengan merasakan lapar, Anda mampu mengukur seberapa banyak makanan yang nantinya akan Anda konsumsi saat berbuka agar bisa mengembalikan asupan tenaga Anda setelah seharian menahan haus dan lapar. Hal inilah yang akan membantu Anda untuk mengendalikan nafsu makan selama berpuasa.

2. Menyibukkan diri

Mengatasi lapar saat puasa bisa dilakuan dengan cara menyibukkan diri Anda. Lakukan hal yang membuat Anda lupa dengan rasa lapar hingga saatnya waktu berbuka. Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan agar tetap produktif daripada hanya menghitung jam menuju waktu berbuka. Jika Anda salah satu yang hobi berolahraga,

Anda bisa melakukan olahraga jogging 30 atau 60 menit menjelang berbuka. Selain itu, Anda juga melakukan hal lain yang menyenangkan seperti membaca, menonton TV/film, bermain games dan lain sebagainya.

3. Acuhkan segala bentuk godaan

Wajar jika Anda tergoda dengan harum makanan dan minuman yang mungkin ada di dekat Anda. Bahkan tidak jarang, harum makanan dan minuman tersebut bisa dibilang sebagai godaan paling besar saat Anda memang sedang berada dikondisi sedang lapar-laparnya. Namun Anda harus ingat, jika Anda mampu melewati godaan tersebut sekali, maka pasti Anda bisa menakhlukan godaan-godaan yang sejenis nantinya.

4. Meditasi

Berpuasa juga bisa dijadikan alat untuk Anda bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk melawan rasa lapar selama Anda puasa. Jika Anda rutin melakukan meditasi saat puasa, maka efeknya akan memberikan rasa lebih santai dan tenang dalam diri Anda. Hal ini juga bisa menjadikan Anda lebih menikmati proses puasa selama seharian, sehingga tidak menjadikan puasa sebagai beban.

5. Fokus ke manfaat puasa

Puasa merupakan sarana untuk mengobati dan membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Puasa secara tidak langsung akan memiliki dampak pada otak, suasana hati dan sikap Anda terhadap makanan karena berhubungan dengan niat dan komitmen untuk menjalankan ibadah. Itu sebabnya, saat berpuasa semua kendali atas segala perasaan lapar ataupun haus ada dalam diri Anda sendiri.

Jenis kendali yang Anda butuhkan ini sangat diperlukan untuk mengatasi rasa lapar dan membuat Anda lebih kuat dalam menjalani ibadah puasa selama seharian. Jadi ada baiknya Anda mengendalikan perasaan tersebut dengan perasaan yang positif, sehingga efeknya Anda pun akan ikut merasakan hal positif juga.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews