Jaringan Palapa Ring di Lingga Ditargetkan Beroperasi di Tahun 2018

Jaringan Palapa Ring di Lingga Ditargetkan Beroperasi di Tahun 2018

Peta jalur Palapa Ring (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Proses pengerjaan pembentangan kabel fiber optik (FO) atau dinamakan Palapa Ring di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, hampir selesai.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setda Lingga, Ady Setiawan mengatakan, saat ini untuk pembentangan kabel darat sudah selesai. Tapi, untuk pembentangan kabel laut masih dalam proses pengerjaan.

"Direncanakan atau targetnya akan beroperasi pada pertengahan 2018 nanti. Kalau untuk kendala sendiri, sejauh ini kami belum mendapatkan laporan," ujar dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (16/1/2018).

Ady Setiawan (Foto: Ruzi)

 

Dia menjelaskan, adapun manfaat jika nantinya jaringan FO ini sudah beroperasi, tentunya dapat meminimalisir kesenjangan teknologi informasi terutama untuk komunikasi data.

"Selama ini yang digunakan oleh operator telekomunikasi untuk menyalurkan bandwith ke Kabupaten Lingga, kan masih menggunakan teknologi radio dari tower ke tower secara estapet dengan kapasitas yang masih terbatas, jadi dengan adanya jaringan FO ini bandwith yang didistribusikan bisa sangat besar dan stabil," ujarnya.

Kehadiran program Kementerian Kominfo yang diperuntukkan di Kabupaten Lingga itu, diharapkan dapat berpengaruh pada kualitas telekomunikasi dan data menjadi lebih baik. 

Palapa Ring ini merupakan program Kementerian Kominfo RI.

(ruz)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews