Wow, Pelabuhan Kapal Kelud di Batam Ini Dijadikan Sandar Kapal Pesiar

Wow, Pelabuhan Kapal Kelud di Batam Ini Dijadikan Sandar Kapal Pesiar

Pelabuhan Beton Sekupang yang bakal dijadikan tempat sandar kapal pesiar di Batam (Foto: Antara)

Batam - Pelabuhan Beton kapal Pelni di Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, bakal digabungkan dengan pelabuhan kapal pesiar. BP Batam sudah mewacanakan hal itu untuk mendongkrang pariwisata Batam.

Selama ini pelabuhan tersebut hanya digunakan sebagai menaikkan dan menurunkan penumpang. Direktur Perencanaan dan Pembangunan BP Batam, Imam Bachroni sudah menghitung-hitung rencana tersebut. 

Selama ini penggunaannya tak sesuai dengan investasi yang telah dikucurkan. Apalagi kapal Pelni hanya sandar dua kali dalam seminggu. 

“Ini masih dikaji lebih dalam, termasuk proyek pengerukan dan pendalaman alur.  Saat ini kami sedang memikirkan pelabuhan Sekupang bentuknya seperti apa, mulai dari dermaga dan terminalnya,” kata Bachroni kepada wartawan baru-baru ini. 

Saat ini, kawasan sandar pelabuhan itu hanya dimanfaatkan dermaganya. Sementara terminal penumpang masih belum dibangun. Hal ini perlu dilihat secara utuh dengan melihat kebutuhan. Kalau memang ada peluang untuk kapal-kapal pesiar tentu akan dikembangkan.

 

[snw]