Ada Apa dengan Danau Toba? Gerakan Air Berputar dan Naik Turun....

Ada Apa dengan Danau Toba? Gerakan Air Berputar dan Naik Turun....

Danau Toba, Sumatera Utara. (Foto: pesonaindo.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Terjadi keanehan di Danau Toba, Sumatera Utara, sangat misterius. Gerakan air di tepi danau berputar dan naik-turun. Fenomena ini direkam seseorang dan videonya diunggah ke YouTube pada 5 Mei 2017.

Ada yang menduga pusaran air tersebut akibat munculnya retakan di dasar danau. “Jalur lemahnya bukan di Danau Toba, tapi jalur Gunung Pusuk Buhit,” kata pakar geologi dari Institut Teknologi Bandung, Lambok P. Hutasoit, Selasa, 9 Mei 2017. Gunung tersebut berada dekat tepi Danau Toba. (Baca: Pesona Danau Toba dan Ledakan yang Mengerikan)

Dari tayangan gambar, terlihat air dan tanaman di atasnya awalnya bergerak searah. Setelah itu, ada arus balik dan pusaran secara perlahan. “Peristiwa seperti itu sulit dijelaskan dengan geologi,” ujarnya.

Si pengunggah video sempat meminta pendapat ke kelompok Masyarakat Limnologi Indonesia—Lambok termasuk anggotanya—yang berfokus meneliti danau. “Mereka juga bingung karena kecepatan arus di Danau Toba biasanya pelan,” katanya.

Dari informasi yang diperoleh TEMPO.co, kejadian itu berlangsung Jumat pagi di daerah Palipi, Pulau Samosir. Beberapa warga sekitar, yang ikut menyaksikan, bertanya-tanya kenapa air berputar-putar dan permukaan air danau juga naik.

Sempat ada dugaan pergerakan air itu akibat angin. Namun asumsi itu terbantahkan karena tanaman di sekitarnya tampak tidak bergerak meski ada tiupan angin. Dugaan lain, kata Lambok, itu merupakan hasil dari arus setelah kapal lewat. Video tersebut hanya merekam fenomena tersebut kurang dari dua menit.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews