Nyctophobia; Takut Kegelapan yang Tak Rasional

Nyctophobia; Takut Kegelapan yang Tak Rasional

Perasaan adalah bagian dari manusia, itulah yang membedakannya dengan hewan. Cinta, benci, sukacita, kesedihan, suka, tidak suka, nafsu, jijik, takut, adalah perasaan yang paling umum dan kita mengalaminya sepanjang harus.

Ketakutan, misalnya, adalah perasaan yang paling tak terelakkan dialami oleh manusia.  Kita semua memiliki berbagai jenis ketakutan dalam intensitas bervariasi. Misalnya, ada sesuatu yang menakutkan bagi seseorang, tapi tidak bagi orang lainnya.

Contohnya, ada orang yang takut ketinggian, tapi sebagian besar tidak memiliki rasa takut seperti itu.  Ketika rasa takut itu tak rasional lagi maka itu disebut  'phobia'.  Fobia biasanya menghambat kualitas hidup seseorang hidup.

Salah satu phobia itu adalah "Nyctophobia", ini adalah rasa takut pada kegelapan atau  malam. Ini beberapa fakta tentang nyctophobia.

Fakta # 1 Nyctophobia adalah ketakutan irasional kegelapan atau saat malam, ini sangat menghambat kehidupan orang yang terkena dampak ketakutan jenis ini.

Fakta # 2 Otak seseorang yang menderita nyctophobia memiliki persepsi yang menyimpang dari bencana yang akan datang. Ia membayangkan kejadian itu akan muncul dalam kegelapan atau malam.

Fakta # 3 Meskipun, penyebab untuk pengembangan nyctophobia tidak diketahui, psikolog mengasosiasikannya dengan peristiwa traumatis yang bisa terjadi kepada korban.

Fakta # 4 Gejala nyctophobia termasuk, tidak bernai keluar pada malam hari, tak berani sendiri di malam hari, menjadi gelisah di malam hari (yang dapat mempengaruhi kesehatan), lalu panik pada malam hari atau di tempat gelap.

Fakta # 5 Nyctophobia adalah gangguan psikologis yang serius yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang,  sehingga ia perlu perawatan medis .

Fakta # 6 Nyctophobia dapat disembuhkan dengan bantuan terapi perilaku kognitif, konseling dan obat anti-kecemasan.

Fakta # 7 Nyctophobia tidak boleh diabaikan, sesegara mungkin lakukan upaya pengobatannya. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews