Disnaker Masih Temukan Pekerja Tiongkok Tanpa Skill di Batam

Disnaker Masih Temukan Pekerja Tiongkok Tanpa Skill di Batam

Pekerja asing Tiongkok di PLTU Tanjungkasam Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sejumlah tenaga kerja asing (TKA) tanpa skill masih ditemukan di sejumlah industri di Batam. TKA itu didapati oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam saat sidak.

"Beberapa waktu lalu, kami ke Perusahaan China Communication di Tanjung Uncang, dijumpai ada 15 orang TKA unskill yang diperkerjakan, semuanya berasal dari Tiongkok," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti di Sekupang, Kamis (16/2/2017). 

Untuk itu, Disnaker sudah memberikan Surat Pemberitahuan yang berisikan agar kelima belas TKA unskill tersebut dipulangkan. 

"Sudah, sudah kami surati, langkah awalnya begitu, kami minta perusahaan agar segera memulangkan mereka, namun sampai saat ini belum mendapat balasan dari pihak perusahaan yang memperkerjakan mereka," kata Rudi.

Disnaker tetap melakukan pengawasan terhadap TKA unskill. Saat ini, masih baru satu perusahaan yang dijumpai memperkerjakan TKA unskill, sebelumnya pernah ditemukan di Pulau Manis dan para TKA sudah dipulangkan ke negara asal. 

"Tetap, nanti akan kita awasi, kita datangi perusahaan-perusahaan yang menurut laporan memperkerjakan TKA unskill," ujar Rudi. 

Dari data Dinas Tenaga Kerja, TKA yang memiliki kemampuan (Skill) terdaftar kurang lebih sebanyak 600 orang.***

 

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews