Samsung Terpukul, Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Samsung Terpukul, Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Foto Galaxy Note 7 yang diunggah penggunanya di China. (foto: ist/kompas)

BATAMNEWS.CO.ID, Seoul - Samsung Electronics Co Ltd memutuskan untuk me-recall dan mengganti seluruh baterai smartphone Galaxy Note 7 yang rentan terbakar serta menghentikan sementara produk unggulannya di 10 pasar. Hal ini menjadi pukulan telak bagi perusahaan di tengah kebangkitan bisnis mobile.

Kepala bisnis smartphone Korea Selatan, Koh Dong-jin menyampaikan penyesalannya atas recall yang akan memengaruhi pasar termasuk di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Namun, khusus di China tidak terpengaruh karena memiliki model baterai yang berbeda.

Samsung tercatat telah menjual Galaxy Note 7 sebanyak 2,5 juta unit. Pabrikan berencana tidak hanya mengganti beterai ponsel yang telah dijual kepada konsumen, tetapi juga unit di ritel.

"Saya tidak bisa mengomentari persis berapa banyak biaya, tapi itu terasa sakit karena jumlahnya besar," kata Koh, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (9/2/2016).

Jumlah recall ini belum pernah terjadi sebelumnya pada Samsung, sebagai sebuah kebanggaan atas kecakapan manufaktur. Sebab itu, masalah pada Galaxy Note 7 menjadi pukulan keras terhadap reputasi Samsung.

Para analis mengatakan perusahaan harus bertindak cepat untuk meminimalkan kerusakan smartphone, setelah serangkaian keberhasilan produk yang telah membalikkan penurunan pasar di dunia.

"Saya lebih prihatin tentang potensi penurunan penjualan dari biaya recall. Recall kemungkinan menjadi pukulan terhadap laba," ujar analis Korea Investment & Securities, Jay Yoo.

Samsung mengatakan proses ini diperkirakan akan dimulai sekitar dua minggu. Perusahaan akan memperpanjang periode pengembalian dana pelanggan yang terkena dampak dan menawarkan pertukaran unit ponsel Samsung lain.

Sebelumnya, seorang netizen di China baru-baru ini mengunggah beberapa foto yang menunjukkan nasib tragis Samsung Galaxy Note 7 miliknya. Ponsel tersebut terlihat gosong dan sebagian besar casing belakangnya meleleh. Ia menceritakan, perangkat tersebut terbakar saat sedang di-charge.

Sekilas terlihat bekas ledakan di bagian tepi kiri ponsel tersebut. Didua baterai Samsung Galaxy Note 7 itu meledak.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews