KMP Selat Gelam: Kapal Roro Mini Siap Layani Rute Pulau Karimun Besar ke Pulau Parit 

KMP Selat Gelam: Kapal Roro Mini Siap Layani Rute Pulau Karimun Besar ke Pulau Parit 

KMP Selat Gelam, berlayar dari Kabupaten Karimun ke Pulau Parit.

Batamnews, Karimun - KMP Selat Gelam, sebuah kapal roro mini, akan melayani rute antar pulau dari Pulau Karimun Besar ke Pulau Parit di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Kapal ini telah melakukan serangkaian uji coba pada rute tersebut beberapa waktu lalu.

Pemerintah Kabupaten Karimun saat ini tengah mempercepat pembangunan pelabuhan di Pulau Parit agar KMP Selat Gelam dapat segera beroperasi melayani masyarakat. 

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, menyatakan bahwa uji coba kapal sudah dilakukan dari Karimun ke Parit, dan sekarang mereka menunggu penyelesaian pelabuhan di Pulau Parit.

Baca juga: Salat Idul Adha di Karimun Berlangsung Khidmat, Dipimpin oleh Bupati Aunur Rafiq

Sambil menunggu pelabuhan di Pulau Parit selesai, kapal roro mini ini akan dioperasikan terlebih dahulu dari Pulau Karimun ke Pelabuhan Selat Beliah di Pulau Kundur. 

"Dari laporan Dinas Perhubungan akan dilanjutkan ke Selat Beliah," ujar Rafiq.

Selain itu, pelabuhan mini roro di Pulau Karimun Besar akan dibangun di kawasan Coastal Area, dengan target penyelesaian pada tahun 2024. 

Namun, penyelesaian ini bisa tertunda karena kendala anggaran. "Di Pulau Karimun Besar pelabuhan mini roro di Coastal Area. Diusahakan dalam tahun ini selesai sesuai kemampuan keuangan daerah," ucap Bupati.

Baca juga: Jumlah Hewan Kurban di Kabupaten Karimun Meningkat pada Idul Adha 2024, Cek Datanya

KMP Selat Gelam terbuat dari aluminium dengan kapasitas 32 penumpang dan 18 sepeda motor. Pengoperasiannya akan dilakukan oleh Badan Usaha Kepelabuhanan (BUP) Kabupaten Karimun, PT Karya Karimun Mandiri (KKM). 

Kapal ini didanai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Karimun tahun 2023 dengan nilai kontrak Rp 9,5 miliar.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews