5 Alternatif Mesin Pencarian Selain Google, Bukan Cuma ChatGPT

5 Alternatif Mesin Pencarian Selain Google, Bukan Cuma ChatGPT

Mesin pencari google.

Batam, Batamnews - Kehadiran Google Search sebagai mesin pencarian utama bagi pengguna internet nampaknya akan terancam dengan munculnya berbagai alternatif mesin pencarian lain. Salah satu ancaman terbesar yang dihadapi Google saat ini adalah ChatGPT yang tengah naik daun.

Bahkan, pendiri Google, Larry Page, secara mengejutkan turun gunung untuk membantu CEO perusahaan, Sundar Pichai, melawan chatbot yang viral dari OpenAI tersebut.

Menurut laporan New York Times, Pichai merasa kebingungan dalam menghadapi ChatGPT karena sistem ini dianggap mampu bekerja lebih baik daripada mesin pencarian milik Google, yaitu Google Search.

Tentunya, ChatGPT bukanlah satu-satunya alternatif bagi Google. Terdapat beberapa mesin pencarian alternatif lainnya yang memiliki karakteristik dan fitur unggulan masing-masing.

Baca juga: Google Pixel 8 Segera Hadir dengan Layar Menawan dan Fitur Unggulan

Berikut adalah 5 mesin pencarian alternatif selain Google yang dirangkum dari Makeusof:

1. Command E (Windows, macOS)

Command E merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mencari file dengan cepat di komputer mereka. Aplikasi ini terhubung dengan berbagai layanan seperti Google Suite, Github, Slack, Salesforce, Jira, Zendesk, Notion, Hubspot, Asane, Figma, Evernote, hingga Dropbox. Keamanan data juga menjadi perhatian utama, dimana indeks file disimpan dalam database terenkripsi di komputer pengguna. Untuk mengunduh aplikasi ini, pengguna Windows dan macOS perlu mendaftar terlebih dahulu di situs resmi Command E.

2. Million Short (Web)

Million Short dapat menjadi solusi saat hasil pencarian di Google terlihat serupa karena memprioritaskan situs-situs besar dan populer. Mesin pencarian ini membantu pengguna menemukan situs-situs yang sering diabaikan dan menghilangkan hasil pencarian dari situs-situs teratas. Pengguna dapat memilih hingga satu juta situs teratas dalam hasil pencarian mereka, sehingga mereka dapat menemukan hasil yang tidak ditemukan di Google Search atau mesin pencarian lainnya.

Baca juga: Pelaku UMKM di Tiktok Shop Mengeluh, Dana Lambat Cair, Celios Desak Pemerintah Terbitkan Regulasi

3. Hopely (Web)

Hopely memiliki konsep unik yaitu berselancar sambil beramal. Setiap hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna akan menjadi pendapatan iklan bagi Hopely, dan setengah dari pendapatan tersebut akan disumbangkan untuk amal. Pengguna diminta untuk memilih kegiatan amal yang ingin didukung, seperti Bread for the World, Doctors Without Borders, dan World Wildlife Fund. Hasil pencarian pada Hopely tidak jauh berbeda dengan mesin pencarian lainnya, termasuk Google. Pengguna dapat mengurutkan hasil berdasarkan gambar, video, berita, dan peta.

4. Sourceful (Web)

Sourceful merupakan mesin pencarian yang digunakan untuk mencari dokumen di Google Docs, Sheet, dan slide yang telah dipublikasikan di internet. Pengguna dapat menerapkan filter untuk mempersempit pencarian berdasarkan jenis dokumen, seperti dokumen teks, spreadsheet, atau slide, dan mengurutkannya berdasarkan kriteria "Hot," "Best," atau "New" (Populer, Terbaik atau Baru).

5. 2Lingual (Web)

Website ini akan melakukan pencarian dalam dua bahasa secara bersamaan. Hasilnya akan diperlihatkan dalam dua panel, dengan begitu bisa melihat perbedaannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews