Disdukcapil Karimun Luncurkan Program Inovasi Pembuatan Akte Kelahiran

Disdukcapil Karimun Luncurkan Program Inovasi Pembuatan Akte Kelahiran

Ilustrasi akta kelahiran anak. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karimun meluncurkan program Sama Selamat dan Dapor Teraman. Program ini merupakan inovasi pelayanan di bidang akta kelahiran dan akta kematian.

Program tersebut diluncurkan Disdukcapil di Aula Nilan Sari, Senin (21/8/2017). Program Sama Selamat adalah setiap anak memperoleh akta kelahiran setelah lahir. Dapor Teraman adalah pembuatan akta kematian.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Muhammad Tahar mengatakan, setiap anak akan mendapat akta kelahiran menjelang setelah lahir dan juga bagi yang telah meninggal dunia.

"Jadi nanti melalui program ini untuk mempermudah, tanpa harus repot datang ke Kantor Disdukcapil, percepatan di bidang cakupan akta kelahiran dan kematian," kata Muhammad Tahar.

Nantinya, program ini akan bekerjasama dengan pihak rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas dan bidan-bidan praktek. 

Dengan begitu, lanjut Tahar, orang tua maupun anggota keluarga yang ingin mengurus akta kelahiran dan akta kematian tidak perlu datang ke Kantor Discukcapil.

"Mereka cukup memberikan data mereka kepada petugas yang ada di rumah sakit, rumah bersalin, puskesmas dan bidan-bidan yang menangangi kelahiran anak tersebut," ucap Tahar.

Tahar menambahkan, melalui program ini, bagi anak yang baru mengurus akta kelahiran akan langsung diberi tiga kartu, yakni Akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sementara itu, dengan adanya program tersebut. Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyambut baik dengan launching inovasi pelayanan ini. Ia berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas launching saja.

"Program seperti ini tentunya sangat baik. Saya berharap program ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya," kata Rafiq.

Kerjasama yang baik dengan seluruh instansi sangat diperlukan agar validasi data yang akurat dapat dilakukan. "Melalui kerjasama dengan seluruh intansi tentunya validasi data dapat dilakukan dengan baik," ucap orang nomor satu di Karimun tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews