Aunur Rafiq Siapkan TPA dan Armada Pengangkut Sampah untuk Tiap Kecamatan

Aunur Rafiq Siapkan TPA dan Armada Pengangkut Sampah untuk Tiap Kecamatan

Bupati Karimun Aunur Rafiq. (foto: ist/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Bupati Karimun Aunur Rafiq terus membenahi persoalan kebersihan di daerahnya. Aunur tengahmenyiapkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan pengolahan serta armada pengangkut sampah.

Pembenahan ini ditargatkan pada tahun 2018 nantinya, terutama armada kebersihan untuk setiap kecamatan di Karimun.

"Kita akan menyiapkan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pengolahan serta armada pengangkut sampah," ucap Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Sementara itu, untuk Pulau Kundur yang terdiri dari tiga kecamatan, pemerintah daerah akan menyediakan satu lahan untuk TPA di kawasan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, dengan luas total sekitar 10 hektar. "Tapi untuk tahap awal pemerintah baru akan menyiapkan lahan lima hektar," ujarnya.

Sebenarnya, pemerintah sudah menyiapkan lahan, akan tetapi belum dibebaskan karena permasalahan defisit anggaran daerah. "Tapi kita juga melihat volume sampah disana juga, masih di bawah Pulau Karimun," ucap orang nomor satu Karimun itu.

Untuk pengolahan sampah, pemerintah menyiapkan alat pemilah sampah untuk setiap kecamatan, agar beban sampah ke TPA dapat berkurang.

Untuk mendapat alat tersebut, pemerintah akan melihat ke Sidoarjo karena di sana ada alat yang dapat menjadikan sampah menjadi kompos.

"Satu alat harganya antara Rp 250 hingga 300 juta. Ini kalau bisa kita akan bagikan ke setiap kecamatan," kata Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews