5 Cara Mudah Membersihkan Memori Internal Android yang Penuh

5 Cara Mudah Membersihkan Memori Internal Android yang Penuh

Ilustrasi (Foto: AndroidAuthority)

Jakarta - Pengguna ponsel Android mungkin pernah menerima notifikasi "ruang penyimpanan hampir habis" atau storage space running out sebagai tanda bahwa memori internal sudah penuh.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menghapus sebagian data atau file pada hp Android. Berikut cara membersihkan memori internal Android supaya ruang penyimpanan hp kembali leluasa dan bisa menampung file baru.

Memori internal penuh dapat memengaruhi performa hp jadi tidak maksimal. Seperti rentan mengalami crash, aplikasi sering keluar sendiri, tidak bisa memakai fitur kamera atau video, dan banyak lagi.

Dilansir dari laman Avast, pengguna Android dapat mencoba cara berikut supaya memori internal kembali bersih dan terbebas dari penumpukan sampah atau file tidak penting.

1. Clear cache

Cache merupakan data sementara dari pemakaian aplikasi yang tersimpan di memori hp. File cache dari setiap aplikasi bisa berbeda-beda. Semakin Anda sering menjalankan aplikasi tersebut, maka data cache akan terus menumpuk dan memakan kapasitas memori internal.

Cara membersihkan cache dapat melalui Pengaturan di hp Android, lalu pilih menu Apps, dan cek satu per satu cache dari setiap aplikasi. Pilih aplikasi mana saja yang sekiranya sering digunakan, kemudian klik opsi clear cache agar kinerja hp menjadi lebih ringan.

2. Clear data

Clear data adalah langkah membersihkan seluruh data dan pengaturan aplikasi yang tersimpan di hp. Dengan melakukan clear data, maka aplikasi akan kembali ke setting awal seperti pertama kali digunakan.

Misalnya jika ingin melakukan clear data WhatsApp, maka seluruh riwayat chat, panggilan telepon, file foto dan video akan otomatis hilang. Cara ini dapat membersihkan ruang memori internal, bahkan mengatasi aplikasi yang bermasalah.

Clear data dapat diterapkan untuk membersihkan aplikasi YouTube, Spotify, Google Chrome atau games yang memang cukup menguras pemakaian memori.

3. Uninstall aplikasi

Cara membersihkan memori internal Android selanjutnya yaitu uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu sering digunakan. Cek kembali daftar aplikasi di hp, apakah semuanya terpakai atau tidak? Jika ada banyak aplikasi menganggur sebaiknya uninstall, daripada hanya membuat penuh memori internal.

Caranya tinggal masuk ke menu Pengaturan, cari opsi Apps, dan sortir satu per satu aplikasi yang akan dihapus, kemudian klik uninstall apps. Dengan begitu, memori internal Android dapat kembali leluasa sehingga bisa digunakan untuk menyimpan file lain yang lebih penting.

4. Hapus file tak terpakai

Salah satu penyebab memori internal Android penuh yaitu terlalu menumpuknya file tidak terpakai. Jenis file ini tidak hanya dari aplikasi, bisa juga foto-foto di galeri, atau video dan audio rekaman.

Semakin panjang durasi video atau audio, maka semakin besar juga kapasitas memori yang dibutuhkan. Anda dapat mengecek file yang boros memakan memori di pengaturan.

Buka Pengaturan, pilih Battery and device care, klik Memory, klik Clear Now. Atau pilih opsi Storage dan sortir manual file foto dan video yang ukurannya besar untuk dihapus.

5. Factory reset

Alternatif terakhir supaya memori internal kembali bersih yaitu melakukan factory reset. Factory reset bertujuan untuk membuat hp kembali ke setelan pabrik.

Sebelum memilih opsi factory reset, pastikan Anda sudah mencadangkan file penting di hp ke ruang penyimpanan lain, seperti Google Drive, Cloud, atau hard disk.

Cara membersihkan memori internal Android dengan factory reset, yakni buka Pengaturan, pilih menu General Management, klik Reset, klik Factory Data Reset, konfirmasi dengan klik Reset Device, dan Delete All.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews