Viral Video SPBU Pertamina Tolak Suzuki Thunder Isi Pertalite

Viral Video SPBU Pertamina Tolak Suzuki Thunder Isi Pertalite

Tangkapan layar video SPBU Pertamina yang melarang pengguna Suzuko Thunder isi Pertalite. (Foto: Instagram @otomotifweekly/CNN Indonesia)

Jakarta - Sebuah video berisi penolakan sebuah SPBU Pertamina mengisi bahan bakar Pertalite khusus untuk sepeda motor Suzuki Thunder viral di media sosial.

Dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (6/8/2022), dalam video itu terlihat pihak SPBU Pertamina menempelkan semacam kertas pengumuman di dispenser Pertalite. 

Isi pengumuman itu yakni 'Mohon maaf tidak melayani pengisian Pertalite menggunakan motor Thunder atau motor modifikasi'.

Video itu diunggah @otomotifweekly di Instagram, namun tak dijelaskan waktu dan lokasi kejadian.

Pihak Pertamina yang dihubungi untuk dikonfirmasi mengenai pengumuman tersebut belum memberikan keterangan. Pihak Suzuki Indomobil Sales, distributor motor Suzuki di Indonesia juga belum merespons.

Suzuki diketahui menjual dua jenis Thunder, yaitu Thunder mesin 250 cc sejak 1999 dan Thunder mesin 125 cc pada 2004.

Penolakan SPBU Pertamina ini diduga karena kedua model Thunder itu punya kapasitas tangki BBM besar, yaitu 15 liter. Thunder dibekali tangki sebesar itu lantaran dirancang sebagai motor touring atau perjalanan jarak jauh.

Sebagai perbandingan, motor sport Honda CB150R memiliki tangki 12 liter dan Yamaha Vixion 12 liter. Sedangkan untuk motor bebek maupun matic pada umumnya, tangki bahan bakar hanya tiga sampai lima liter.

Pihak SPBU Pertamina bisa jadi merasa tak adil bagi masyarakat lainnya bila pengguna Thunder bisa menampung 15 liter Pertalite sekali isi penuh.

Thunder sudah tidak lagi dipasarkan sejak 2015, salah satu alasannya pergeseran tren dan peraturan emisi gas buang semakin ketat.


Berita Terkait