Penambang Temukan Berlian Terbesar di Angola, Dijuluki Lulo Rose

Penambang Temukan Berlian Terbesar di Angola, Dijuluki Lulo Rose

Ilustrasi. (Foto: istockphoto)

Luanda - Penambang di tambang Lulo, wilayah timur laut Angola menemukan berlian merah muda langka dan diklaim sebagai yang terbesar dalam 300 tahun terakhir. Berlian 170 karat itu dijuluki Lulo Rose. 

Menurut perusahaan pertambangan, Lucapa Diamond, dalam sebuah pernyataan kepada investor, itu adalah salah satu berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan. Demikian dilansir AFP.

Penemuan 'bersejarah' dari berlian Tipe IIa adalah salah satu batu alam paling langka yang ditemukan dalam bentuk yang paling sempurna, yang juga dirayakan oleh pemerintah Angola sebagai mitra di tambang.

Menteri Sumber Daya Mineral Angola, Diamantino Azevedo, mengatakan penemuan batu permata yang memecahkan rekor dan spektakuler dari tambang di Lulo memperkuat posisi Angola sebagai pemain utama di pasar batu permata global.

Berlian akan dijual melalui tender internasional dan diperkirakan akan mendapatkan harga yang luar biasa tinggi.

Meskipun Lulo Rose perlu dipotong dan dipoles untuk mencapai potensi sebenarnya, sebuah proses di mana ia mungkin kehilangan 50 persen dari berat aslinya, berlian merah muda dari jenisnya sebelumnya telah berhasil memecahkan rekor harga.

Pada tahun 2017, Berlian Bintang Merah Muda 59,6 karat dijual di lelang di Hong Kong seharga US$71,2 juta atau Rp 1 triliun lebih dan tetap menjadi yang termahal yang pernah terjual hingga hari ini. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews