Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tak Bau Prengus, Coba Yuk!

Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tak Bau Prengus, Coba Yuk!

Ilustrasi daging kambing.

Batam - Momen Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah banyak masyarakat yang sudah mempersiapkan resep mengolah daging kambing tanpa bau, sehingga aroma dan rasa lebih nikmat saat disantap.

Seperti diketahui, kambing jadi salah satu hewan kurban yang masih kerap ditemukan di Indonesia saat hari raya kurban. Tapi bagi beberapa orang mengolah daging kambing jadi tantangan tersendiri, khususnya punya aroma yang khas.

Berikut ini tips masak daging kambing tanpa bau, mengutip eHow, Sabtu (9/7/2022) yang bisa dipraktikkan saat menerima daging kurban nantinya:

1. Hindari Bagian Lemak

Meski lemak pada daging kambing tidak sebanyak sapi dan ayam, tapi lemak kambing bisa mendominasi aroma bau kambing yang kuat saat diolah, khususnya jika dijadikan sop atau olahan kuah lainnya.

Jadi baiknya, pisahkan bagian lemak daging kambing dengan pisau tajam sebelum memasaknya. Ini disebut sangat efektif untuk mengurangi bau kambing pada masakan.

2. Rendam Daging Sebelum Diolah

Setelah lemak dihilangkan, baiknya sebelum diolah lebih dulu merendam daging dengan air dingin yang sudah ditambahkan garam kasar. Ini karena karena bisa efektif menarik rasa dan bau yang kuat dari daging kambing.

3. Rendam dengan Susu atau Butter

Selain garam, merendam daging kambing dengan susu atau buttermilk punya efek yang sama untuk menghilangkan bau kambing yang kuat.

Tapi kelebihannya buttermilk punya tambahan efek lain, yaitu membuat daging jadi lebih empuk, serupa dengan menggunakan potongan nanas dan daun pepaya ampuh melunakkan daging yang keras.

4. Masak dengan Cara Dibakar atau Dipanggang

Inilah alasan kenapa banyak olahan kambing guling atau sate kambing di Indonesia, terlebih setelah pembagian daging kurban. Ini karena metode ini efektif menghilangkan bau kambing pada daging.

Bahkan beberapa tradisi kuliner Timur Tengah Karibia, India, Afrika, Meksiko, termasuk juga Indonesia sebelum dibakar atau dipanggang umumnya daging kambing akan dilumuri dengan aneka rempah dan saus yang membuat daging semakin kaya rasa.