Heboh Kabar Lab Biologis AS di Jakarta, Apa Respon Putin dan Biden?

Heboh Kabar Lab Biologis AS di Jakarta, Apa Respon Putin dan Biden?

Ilustrasi (Ist)

Jakarta - Media Rusia, Sputnik, melaporkan bahwa Amerika Serikat (AS) memiliki sebuah laboratorium virus di Indonesia. Lab itu disebut berada di Jakarta, tepatnya Jalan Percetakan Negara.

Dalam penelusuran yang dilakukan jurnalisnya, lab itu adalah Unit Penelitian Medis Angkatan Laut AS (NAMRU-2). Ini merupakan fasilitas bioresearch yang menyimpan patogen dan virus berbahaya.

"Unit Penelitian Medis Angkatan Laut AS (NAMRU) berakar di Guam di bawah yayasan Rockefeller," tulis media resmi itu dikutip Jumat, (27/5/2022).

"Itu didirikan pada tahun 1955, sedangkan detasemen NAMRU-2 di Jakarta telah dibuka pada tahun 1970 untuk mempelajari penyakit menular yang berpotensi signifikansi militer di Asia."

Laporan ini sendiri diungkapkan pada saat Moskow menemukan lab serupa milik Washington saat serangannya ke Ukraina. Rusia mengklaim AS sedang menciptakan senjata biologis baru yang dapat mengancam dunia.

Menyikapi laporan ini, pemerintah AS melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta tak mau berkomentar lebih jauh. Namun dalam sebuah rilis lain, Negeri Paman Sam terus mewanti-wanti warga dunia bahwa Rusia seringkali memanipulasi informasi bahwa AS terlibat dalam pengembangan laboratorium virus.

"Penyebaran Kremlin atas tuduhan yang tidak berdasar dan dibantah bahwa Amerika Serikat dan Ukraina melakukan kegiatan senjata kimia dan biologi di Ukraina adalah bagian dari taktik disinformasi Rusia yang mapan," ujar rilis Departemen Luar Negeri AS dimuat di website state.gov.

"Kremlin memiliki rekam jejak yang panjang dalam menuduh orang lain atas pelanggaran yang mereka lakukan."

Sementara itu, di sisi lain, CNBC Indonesia juga sempat menanyakan konfirmasi kepada pihak Kedutaan Besar Rusia di Jakarta. Tetapi sama halnya dengan AS, perwakilan Moskow itu tidak mau memberikan informasi lebih jauh terkait temuan ini.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews