Masjid Tanjak Hang Nadim, Destinasi Wisata Religi Baru Berbentuk Unik

Masjid Tanjak Hang Nadim, Destinasi Wisata Religi Baru Berbentuk Unik

Tiga menteri didampingi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Walikota Batam M Rudi berfoto di depan Masjid Tanjak, Batam.

Batam, Batamnews - Sebuah masjid berbentuk unik dibangun di area Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Rumah ibadah tersebut dibangun dengan konsep arsitektur berbentuk Tanjak Melayu. Sesuai bentuknya, masjid disebut sebagai Masjid Tanjak.

Masjid dibangun dua lantai di atas lahan seluas 15.797 meter. Rincian lantai pertama memiliki luas bangunan 2.094 meter persegi dan  lantai kedua (mezzanine) memiliki luas bangunan 468 meter persegi.

Tinggi bangunan masjid Tanjak sendiri  mencapai 39,5 meter, adapun tinggi menara masjid 45 meter. 

Masjid ini diperkirakan mampu menampung kapasitas jamaah pria pada lantai pertama sebanyak 900 jamaah, dan kapasitas jamaah wanita pada lantai 2 dapat menampung sebanyak 350 jamaah.

Digadang-gadang menjadi salah satu yang bisa menjadi destinasi wisata religi baru di Batam dan Provinsi Kepri nantinya.

Tiga menteri mengunjungi pembangunan Masjid Tanjak pada Rabu (27/4/2022). Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang  Perekonomian Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dan Walikota Batam M Rudi turut mendampingi mereka.

Kunjungan para Menteri tersebut bertujuan untuk memastikan perkembangan proyek di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang telah dikerjakan antara lain peningkatan kapasitas dan kapabilitas Pelabuhan Batu ampar, diantaranya adalah auto gate system dan container yard, di Kota Batam.

Ansar Ahmad menyampaikan rasa terimakasihnya atas perhatian pusat terhadap Provinsi Kepulauan Riau dan berharap dengan kemudahan-kemudahan yang didapatkan dari KEK  mempercepat akselerasi pertumbuhan ekonomi. 

“Kunjungan Bapak Menko Airlangga hari ini sangat memberi arti penting bagi kita. Beberapa lokasi sudah kita tinjau. Dan kita harap apa yang kita lakukan ini, semuanya bagian dari upaya meningkatkanya daya ungkit percepatan pertumbuhan ekonomi Kepri dan nasional. Kita harapkan KEK bisa memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi ke depan,” harap Ansar. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews