Daftar Minuman yang Harus Dihindari saat Lebaran, Awas Gula Darah Naik

Daftar Minuman yang Harus Dihindari saat Lebaran, Awas Gula Darah Naik

Ilustrasi.

Jakarta - Saat halal bihalal memang paling segar adalah mengonsumsi minuman-minuman manis. Eits! Tapi ada lho minuman saat lebaran yang malah bisa berbahaya jika berlebihan.

Beberapa minuman yang disajikan saat lebaran bisa menyebabkan gula darah naik. Apa saja ya?

Menyadur dari HiMedik.com, berikut daftar minuman yang harus dihindari saat lebaran karena bisa menyebabkan gula darah naik:

1. Sirup

Menyegarkan, praktis, dan menawarkan banyak rasa, sirup jadi opsi utama disajikan saat Lebaran. Namun demikian ketika Anda meminum terlalu banyak, gula darah di dalam tubuh bisa meningkat pesat. Kandungan karbohidrat dan fruktosa yang dimilikinya dapat meningkatkan risiko diabetes.

2. Es Kopi Susu

Solusi paling tepat untuk mata mengantuk dan kurang semangat bukan? Faktanya, secangkir kopi susu berukuran 240 ml mengandung 9 gram gula. Kandungan ini setara dengan sepertiga batas konsumsi gula harian yang disarankan. Kopi susu juga disajikan bersama susu kental manis dan krimer, yang mengandung gula dan lemak jenuh yang tinggi. Tampak jelas bahwa tak boleh dikonsumsi berlebihan bukan?

Selanjutnya....

 

3. Jus Buah

Jus buah yang dimaksud adalah jus buah dengan tambahan gula di dalamnya. Jus buah pada dasarnya sudah memiliki rasa alami yang cukup nikmat dan manis. Ketika ditambahkan gula, maka Anda akan mendapatkan asupan gula berlebih. Di samping itu, nutrisi dalam jus buah tidak dapat membawa manfaat maksimal, karena akan kalah dengan gula yang Anda masukkan.

4. Teh Manis

Saat bersilaturahmi dari rumah ke rumah saat Lebaran, minuman lain yang paling umum disajikan adalah teh manis. Teh memang tidak berbahaya, tapi ingat bahwa ada kandungan gula di sana, terlabih jika itu teh kemasan. Terbayang bukan jika dalam satu hari meneguk beberapa gelas teh manis, tentunya gula darah akan melonjak.

5. Minuman Bersoda

Sebagai minuman rekreasional yang diminum sesekali tentu tak masalah. Namun ketika dikonsumsi berlebihan, minuman bersoda akan memberikan kadar gula sangat tinggi dalam diri Anda. 

Setidaknya dalam satu kemasan minuman bersoda, pemanisnya setara dengan 10 sendok teh, sementara kebutuhan harian gula manusia dewasa hanya 6 sampai 12 sendok teh saja.

Itu tadi daftar 5 minuman bikin gula darah naik saat Lebaran. Perbanyak minum air putih dan batasi minuman di atas agar gula darah tetap stabil pasca-Lebaran.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews