CEO Pecat 900 Karyawan Lewat Zoom Meeting

CEO Pecat 900 Karyawan Lewat Zoom Meeting

Vishal Garg saat menggelar zoom meeting yang memecat ratusan karyawannnya. (Foto: via AsiaOne)

Singapura - Ragam cara dilakukan oleh perusahaan untuk memecat karyawannya. Mulai dari cara lisan, tertulis hingga pesan dalam surat elektronik maupun aplikasi percakapan.

Namun hal berbeda ditunjukkan oleh CEO perusahaan hipotek digital Better.com bernama Vishal Garg.

Ia mengumumkan pemecatan karyawan dalam panggilan tiga menit melalui Zoom yang kini menjadi viral.

“Saya tidak ingin melakukan ini, terakhir kali saya melakukan ini, saya menangis,” kata Vishal Garg, dilansir AsiaOne.

“Jika Anda menerima panggilan ini, Anda adalah bagian dari kelompok yang diberhentikan. Hubungan kerja Anda diberhentikan, efektif segera," katanya.

Beberapa alasan yang dia sebutkan untuk memberhentikan, hanya beberapa minggu sebelum Natal, termasuk efisiensi pasar, produktivitas dan kinerja.

Menurut laporan media, perusahaan mengklarifikasi bahwa mereka memberhentikan 9 persen dari perusahaan - karyawan di AS dan India - bukannya 15 persen katanya selama panggilan.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016 dan telah menerima investasi sebesar US$750 juta (S$1025,2 juta) dan akan segera go public menurut CNN.

Ini bukan pertama kalinya Garg membuat berita. Dalam laporan Forbes 2020, dia pernah mengirim email ke karyawan yang mengatakan: “Kamu terlalu lambat. Kalian adalah sekumpulan lumba-lumba bodoh dan…lumba-lumba bodoh tertangkap jaring dan dimakan oleh hiu. Jadi hentikan. Hentikan. Hentikan sekarang juga. Kamu membuatku malu.”

Pada tahun 2020, para ahli mengatakan perusahaan telah melakukan latihan penghematan secara online karena pengaturan kerja dari rumah, sementara itu, pengacara ketenagakerjaan mendapat lebih banyak permintaan tentang paket pengurangan.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews