Daeng Rusnadi: Jika Terbentuk, Natuna-Anambas Bisa Jadi Provinsi Terkaya di Indonesia

Daeng Rusnadi: Jika Terbentuk, Natuna-Anambas Bisa Jadi Provinsi Terkaya di Indonesia

Mantan Bupati Natuna, Daeng Rusnadi. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Mantan Bupati Natuna, Daeng Rusnadi menyebut, jika Provinsi Natuna-Anambas terbentuk bisa menjadi provinsi terkaya di Indonesia. 

Mantan Bupati Natuna periode 2006-2009 tersebut mengatakan, saat ia menjabat sebagai Ketua DPRD Natuna 2002, dirinya pernah menggelar seminar tentang pembentukan Provinsi Natuna-Anambas.

"Waktu itu kegiatannya di Pekanbaru menghadirkan narasumber Hamdan Zulfa dan Tabrani Rab, saksi hidupnya masih ada," ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Menurutnya, waktu itu ada beberapa pertimbangan yang melatarbelakangi keinginan Natuna Anambas menjadi daerah otonomi sendiri sebagai provinsi.

"Pertama rentang kendali, pelayanan tugas daerah otonom adalah membangun daerahnya, melaksanakan pelayanan terhadap masyarakatanya," ungkap Daeng. 

Dengan kondisi geografis Natuna-Anambas yang terdiri dari wilayah kepulauan, jarak ke ibu kota provinsi sangat jauh, jadi pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal terlebih sejak diberlakukanya Undang-undang nomor 23 tahun 2014. 

"Mana bisa membangun, sementara jaraknya jauh, terlebih berbagai kewenangan yang saat ini, banyak yang dialihkan di provinsi membuat susah masyarakat apabila akan melakukan perizinan," papar Daeng. 

Ia menyampaikan bahwa Natuna dan Anambas merupakan wilayah strategis nasional yang merupakan wilayah maritim, dengan potensi minyak, gas alam, perikanan, dan pariwisata. Hal ini menjamin Pendapat Asli Daerah (PAD) yang besar.

“Bisa jadi Natuna-Anambas merupakan wilayah provinsi terkaya nantinya," ucap bupati kedua Natuna tersebut. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews