Geger! Manuver Super Hornets Amerika Terbang Rendah di Langit Natuna

Jet tempur AS melakukan manuver di atas langit Natuna

Natuna, Batamnews – Sebuah jet tempur Angkata Udara Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah melakukan manuver di wilayah udara Indonesia.

Manuver jet tempur jenis Super Hornet yang terjadi pada hari Selasa, 6 April 2021 kemarin itu sempat menghebohkan jagad maya.

Dalam rekaman video yang dilansir VIVA Militer dari akun twitter @Jatisint, jet tempur jenis Super Hornet itu terbang rendah dan bermanuver di atas kapal atau rig pengeboran minyak Indonesia yang berada di lepas pantai di sebelah Barat Pulau Natuna.

Sangat jelas dalam rekaman video tersebut jet tempur milik US Army itu dengan leluasa bermanuver dan terbang rendah tanpa adanya pengawalan.

Padahal, pada hari yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah meresmikan keberadaan kapal selam terbaru, yaitu KRI Alugoro-405 sebagai salah satu komponen kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) milik TNI Angkatan Laut di Fasilitas Pelabuhan (Faslabuh) TNI Angkatan Laut, Selat Lampa, Pulau Natuna, Kepri.

Pesawat tempur itu disebut melintas di daerah barat laut Kepulauan Natuna, Kepri. Dalam video yang beredar, pesawat tempur tersebut bermanuver terbang rendah.

Video itu disebut diambil dari kilang minyak di lepas pantai perairan Natuna. Tampak ada bendera Indonesia di kilang itu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjelaskan peristiwa tersebut terjadi di perairan Natuna pada Selasa (6/4/2021) sekitar pukul 16.15 WIB. Dia memastikan pesawat melintas di luar wilayah Indonesia.

"Telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, di atas FPSO (Floating, Production, Storage and Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mil di sebelah barat dari Kepulauan Natuna," kata Marsma Indan, dikutip dari detikom.

Dia mengatakan pihaknya masih mendalami lebih jauh terkait peristiwa tersebut dengan pihak terkait.

"Atas kejadian tersebut, disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ujar dia.

(fox)
SHARE US :