Gubernur Isdianto Pastikan KM Bahtera Nusantara 01 Layari Natuna Mulai Januari

Gubernur Isdianto Pastikan KM Bahtera Nusantara 01 Layari Natuna Mulai Januari

Gubernur Kepri Isdianto mengecek kesiapan KM Bahtera Nusantara 01 yang akan melayani transportasi warga. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Kapal Roro KM Bahtera Nusantara 01 sudah siap berlayar untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kepulauan Riau. Kapal ini rencananya juga akan melayari wilayah Natuna.

Gubernur Provinsi Kepri Isdianto, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi, meninjau langsung kondisi kapal dengan GT 1500 dengan kapasitas 400 penumpang itu.

Isdianto mengatakan pada Januari 2021 mendatang, kapal KM Bahtera Nusantara 01 akan melayani dua rute baru yakni Kecamatan Midai dan Kecamatan Subi, Kabupaten Natuna.

"Waktu kita kunjungan kerja ke sana, masyarakat Midai dan Subi meminta agar kapal roro dapat masuk ke wilayah mereka. Kemudian, permintaan mereka saya teruskan ke Kementrrian Perhubungan. Alhamdulillah, pihak kementerian menyetujui kapal ini (KM Bahtera Nusantara 01) masuk ke Midai dan Subi," ujar Isdianto, Minggu (6/12/2020).

Penambahan rute tersebut, sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat nomor: KP.4978/AJ.204/DRJD/2020 yang ditandangani oleh Budi Setyadi.

"Seharusnya, kapal ini sudah mulai masuk kesana pada Desember ini. Namun, karena berhubung gelombang kuat, maka kita tunda sampai Januari 2021. Kita tidak ingin, kapal ini tetap berlayar namun bisa mengakibatkan risiko yang tidak diinginkan," kata Isdianto.

Isdianto meminta agar masyarakat Midai dan Subi tetap bersabar hingga cuaca membaik.

Sebelumnya diberitakan, transportasi yang menjadi kendala selama ini bagi masyarakat Kecamatan Midai dan Subi akan teratasi dengan akan terlayani oleh KMP Bahtera Nusantara 01.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Junaedi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi telah menyetujui usulan Pemprov Kepri agar kapal tersebut sandar di dua kecamatan tersebut.

"Alhamdulillah saat ini SK-nya sudah terbit. Dan Insya Allah, mulai Januari 2021 nanti kapal itu sudah mulai efektif melayani da singgah di dua kecanatan itu," kata Junaedi.

Rute KMP Bahtera Nusantara 01 jelas Junaedi, seblumnya hanya melayani Tanjunguban, Matak, Penagi, Serasan, Tambelan dan terakhir ke Sintete, Kalimantan Barat. 

Dengan adanya penambahan rute baru ini, maka rute KMP Bahtera Nusantara 01 akan mulai melayani rute Tanjunguban, Matak, Midai, Penagi, Subi, Serasan, Tambelan dilanjutkan ke Sintete, Kalimantan Barat.

"Nantinya kapal ini oprasionalnya pulang pergi (PP) dengan kebalikan rute awal," ujarnya. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews