Corona Kembali Jangkiti Ratusan Karyawan Mukakuning

Corona Kembali Jangkiti Ratusan Karyawan Mukakuning

Dormitori pekerja di kawasan industri Batamindo, Mukakuning, Batam. (Foto: ist)

Batam - Kasus Covid-19 di Kota Batam semakin meningkat secara signifikan. Per tanggal 22 Oktober 2020, pasien Covid-19 bertambah sebanyak 98 orang. 

Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan penambahan pasien secara signifikan tersebut berasal dari klaster karyawan swasta. 

“Klaster karyawan swasta di Muka Kuning masih terus berkembang,” ujar Didi, Jumat (23/10/2020). 

Didi memaparkan klaster karyawan swasta yang masih berkembang tersebut merupakan karyawan PT PCI Elektronik Internasional. Proses tracing (penelusuran kontak) dilakukan dengan cara pemeriksaan rapid test kepada karyawan sebanyak 2.310 orang. 

Dari pemeriksaan tersebut, sebanyak 356 orang karyawan hasilnya reaktif, sememtara itu yang non reaktif sebanyak 1.954 orang. 

“Data tersebut berdasarkan data medilab,” katanya. 

Kemudian karyawan yang hasil pemeriksaannya reaktif, selanjutnya dilakukan pemeriksaan Polymare Chain Reaction (PCR) atau pengambilan swab. Dari 356 orang yang diperiksa, 186 orang diantaranya terkonfirmasi positif Covid-19. 

“Sedangkan 155 orang hasilnya negatif dan 15 orang masih menunggu hasil,” jelasnya. 

Didi menjelaskan kompilasi data karyawan tersebut telah dirilis sebagian pada rekap harian pada tanggal 22 Oktober 2020, namun sisanya akan dirilis pada rekap harian pada tanggal 23 Oktober 2020. 

Karena peningkatan pasien yang cukup signifikan tersebut, maka Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari Malaysia maupun dari Singapura akan ditempatkan di rusun. 

“Rusun BP siap-siap juga jadi isolasi yang positif asimptomatis (tanpa gejala),” ucapnya. 

Seperti diketahui, tambahan 98 kasus baru pada hari ini menjadikan jumlah akumulasi kasus Corona di Batam ada 2.390 kasus. 

Satu orang dilaporkan meninggal dunia dalam perawatan. Pasien ini tercatat sebagai kasus nomor 2313 yang merupakan warga lanjut usia.

Sementara, pasien sembuh Covid-19 pada hari ini ada 37 orang.

(ret)