Tiga Calon Perwira dari Polda Kepri Positif Terjangkit Virus Corona, Ini Hasil Tes Swab 4 Orang Lagi

Tiga Calon Perwira dari Polda Kepri Positif Terjangkit Virus Corona, Ini Hasil Tes Swab 4 Orang Lagi

Foto ilustrasi

Batam - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengumumkan kasus baru pasien positif Covid-9 di Batam, setelah informasi hasil swab diperoleh dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam, Kamis (15/4/2020). 

Dari hasil swab teresebut terkonfirmasi ada penambahan 9 pasien positif dari sehari sebelumnya masih ada 17 kasus. Sehingga sampai saat ini total ada 26 kasus positif Covid-19 di Batam. 

Dari total tersebut, ada 3 pasien positif yang saling berkaitan yang merupakan anggota Polri. Diantaranya seorang laki-laki bernisial ISA berusia 31 tahun merupakan pasien nomor 19, lalu ada juga laki-laki berinisial RHP berusia 33 tahun sebagai pasien nomor 20,dan terakhir laki-laki berinisial HS berusia 35 tahun sebagai pasien nomor 21. 

Kepala Dinas Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan ketiga anggota Polri tersebut merupakan siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dari Setukpa Lemdiklat Polri. 

"Mereka ini yang termasuk 300 orang pernah rapid test dengan hasil reaktif di Sukabumi lalu," ujar Didi melalui aplikasi rapat daring, Kamis (15/4/2020) malam. 

Namun pada saat Rapid Diagnostic Test (RDT) di Sukabumi, mereka menunjukkan hasil non reaktif. Akan tetapi ketika kembali di Batam mereka dilakukan RDT ulang, saat itu ada 7 orang anggota Polri yang ikut RDT tersebut. Dan hasilnya 6 orang reaktif, dan satu orang menunjukkan hasil non reaktif. 

Saat kembali ke Batam, mereka seluruhnya langsung karantina di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Batam. 

"Berdasarkan hasil RDT tersebut, mereka kemudian diambil sampel swabnya," kata Didi. 

Hasil Tes 4 Orang Lagi

 

Setelah itu, pada hari ini hasil swab sudah keluar dan 3 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sedangkan sisanya ada 4 orang menunjukkan hasil negatif. 

"Kondisi mereka semuanya saat ini masih baik dan stabil, dan sekarang sedang proses rujukan ke RS infeksi di Galang, untuk penanganan lebih lanjut," kata Didi. 

Didi juga menambahkan bahwa ketiganya termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG), dan untuk mengantisipasi penyebaran, tim sudah melakukan RDT ke seluruh anggota keluarga mereka. 

"Setelah itu, yang melakukan kontak dekat dengan mereka akan diakukan pengambil swab, rencananya besok," ucapnya. 

Total 300 Siswa Sekolah Inspektur Polisi Positif Corona

 

Polri mengkonfirmasi ada 300 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol), Sukabumi, Jawa Barat, positif Corona. Para siswa dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 usai menjalani rapid test.

"Dari 300 siswa SIP yang positif Covid-19 melalui pemeriksaan cepat ini, sudah dilakukan isolasi khusus di Setukpa Lemdikpol Sukabumi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, seperti dikuti dari Antara, Rabu (1/4/2020).

Argo mengatakan rapid test yang dilakukan secara massal kepada 1.550 siswa SIP menyusul ada seorang siswa sakit demam dan delapan lainnya juga mengeluh mengalami demam tinggi. Setelah dilakukan rapid test ternyata ada tujuh yang yang positif Covid-19 dan mereka saat ini sedang menjalani perawatan RS Polri Said Sukanto, Jakarta. Sementara itu, dua siswa lainnya menjalani perawatan di RS Bhayangkara Brimob Jakarta. Sedangkan siswa yang dinyatakan negatif, dipulangkan ke daerah asalnya atau cuti.

Polri menyatakan, hasil rapid test ini tidak menjamin 300 siswa Sekolah Inspektur Polisi ini positif Covid-19, karena tingkat akurasinya 80 persen. Oleh sebab itu, untuk menentukan ratusan siswa itu benar-benar positif atau negatif virus corona harus melalui uji pemeriksaan swab. Untuk saat ini, para siswa menjalani isolasi di Setukpa Lemdikpol Sukabumi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews