Pesan Wali Kota Rudi ke Lulusan SMT School: Pendidikan Ini Sudah Tepat

Pesan Wali Kota Rudi ke Lulusan SMT School: Pendidikan Ini Sudah Tepat

Wali Kota Batam Rudi saat memberikan kata sambutan (Foto: Ist)

Batam - Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengajak lulusan SMT School untuk ikut berpartisipasi membangun pariwisata. Rudi menyampaikan hal itu saat menghadiri pelepasan anak didik Tahun Akademik 2019 sekolah “Chef” tersebut di Pena Hall, Batam, Sabtu (15/2).

“Batam sedang dibangun untuk pariwisata. Kalau pariwisata hidup, semakin ramai wisatawan yang akan datang ke Kota Batam. Mereka pasti butuh makan. Dalam satu hari, pagi, siang, malam pasti makan. Maka pendidikan ini sudah pas sebenarnya,” kata Rudi.

Rudi berpesan kepada para lulusan SMT School untuk siap menghadapi tantangan pekerjaan. Baik itu masuk ke industri makanan maupun berwirausaha.

“Dengan setahun kursus, dapat sertifikat, mungkin ada pikiran bisa tidak kita diterima pasar. Pasti ada keraguan, rasa takut. Tapi kita harus siap. Ada hal-hal yang harus kita persiapkan,” tuturnya.

Mengetahui pangsa pasar tentu menjadi penting apabila ingin terjun ke usaha kuliner dengan target wisatawan. Harus diketahui asal negara turis yang masuk ke Batam dan kuliner kegemarannya.

“Coba tanya ke Dinas Pariwisata, wisatawan kita dari mana saja. Harus tahu siapa saja yang datang ke Batam. Supaya apa yang kalian masak, betul-betul tepat sasaran,” kata Rudi yang juga Kepala BP Batam ini.

Pesan lain yang juga Rudi sampaikan adalah agar anak-anak tersebut tidak berhenti mencoba. Kembangkan kemampuan dan resep-resep dengan terus melakukan ujicoba. Jangan hanya terpaku pada resep atau pelajaran yang didapat dari tenaga pengajar.

“Kan sudah punya dasarnya. Resep silahkan dikembangkan sendiri. Untuk belajar harus banyak ujicoba. Coba buat, enak tidak. Kalau tak enak, coba bikin lagi. Orang masak biasa seperti itu. Saya tahu karena istri saya suka masak,” ujarnya.

Perwakilan SMT School, Chef Nunung Patimah menjelaskan ada 116 orang siswa yang selesai belajar di tahun akademik 2019 lalu. Terdiri dari 91 peserta didik bidang pastry dan 25 orang di bidang culinary.

“Selama 2,5 tahun, SMT School sudah memiliki 243 lulusan. Sebanyak 20 persen sedang job training di industri makanan, 20 persen sudah bekerja di industri, dan 60 persen menjadi entrepreneur,” katanya.

SMT School berharap lulusan sekolah ini bisa mendukung pengembangan pariwisata Kota Batam. Khususnya dalam sektor kuliner.

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews