PM Ukraina Oleksiy Honcharuk Mundur Gara-gara Rekaman Kritik Presiden Bocor

PM Ukraina Oleksiy Honcharuk Mundur Gara-gara Rekaman Kritik Presiden Bocor

Oleksiy Honcharuk (Foto: Oleg Petrasiuk/Kyiv Post)

Kiev - Rekaman Perdana Menteri (PM) Ukraina, Oleksiy Honcharuk, tentang Presiden Ukraini Volodymyr Zelensky, bocor ke publik. Ia menyebut Presiden Ukrainai tak tahu apa-apa soal perekonomian.

Pasca beredarnya rekaman itu Honcharuk langsung mengundurkan diri. Pengunduran diri itu ia sampaikan di ostingan Facebook.

Kabar itu dilansir Associated Press, Jumat (17/1/2020). Honcharuk juga telah menyampaikan secara tertulis perihal pengunduran dirinya itu kepada Zelensky pada Jumat (17/1) waktu setempat.

"Saya menerima jabatan ini untuk mengimplementasikan program presiden. Dia menjadi contoh transparansi dan kepatutan bagi saya," ucap Honcharuk dalam pernyataannya.

"Namun, untuk menghilangkan keraguan soal rasa hormat dan kepercayaan saya bagi presiden, saya telah menulis sebuah surat pengunduran diri dan menyerahkannya kepada presiden untuk diberitahukan kepada parlemen," imbuh Honcharuk.

Awal pekan ini, sebuah rekaman audio muncul ke publik, yang di dalamnya berisi suara Honcharuk menyampaikan komentar menghina tentang pemahaman Zelensky soal perekonomian.

Dalam pembelaannya, Honcharuk menyebut rekaman audio itu merupakan kompilasi dari 'potongan rekaman dari rapat-rapat pemerintahan'. Dia menyalahkan 'kelompok berpengaruh' yang tidak disebut namanya karena membuatnya tampak seperti tidak menghormati Zelensky sebagai Presiden Ukraina.

"Itu tidak benar," ujar Honcharuk membela diri.

Pada Kamis (16/1) waktu setempat, para anggota parlemen dari partai oposisi, Opposition Platform-For Life, menyerukan pengunduran diri Honcharuk. Disebutkan oposisi bahwa Honcharuk dan kabinet pemerintahannya telah mendiskreditkan Presiden Ukraina dan memperburuk krisis ekonomi di negara tersebut.

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews