WhatsApp Bakal Ubah Urutan Status dan Tampilan Pengaturan

WhatsApp Bakal Ubah Urutan Status dan Tampilan Pengaturan

Ilustrasi

Jakarta - Aplikasi pesan instan WhatsApp sedang bereksperimen dengan perubahan besar pada salah satu fitur populernya, Status. Selain itu, perusahaan juga berencana mengubah tampilan pengaturan di dalam aplikasi.

WhatsApp sekarang sedang menguji algoritma baru yang akan diimplementasikan pada Status. Algoritma ini kabarnya akan mengurutkan pembaruan Status berdasarkan relevansi, bukan lagi urutan kronologis. 

Algoritma Status nantinya akan menggunakan metode yang cukup rumit. Sistem baru bakal mempertimbangkan berbagai hal, seperti Status siapa yang paling sering pengguna lihat dan berinteraksi, serta dengan siapa pengguna sering berkirim pesan.

Perubahan ini juga akan menimbulkan sejumlah pertanyaan perihal privasi pengguna. Pasalnya, WhatsApp dikenal sebagai salah stau platform yang mempunyai aturan tegas soal keamanan privasi, seperti keamanan enskripsi pesan.

Pembaruan timeline WhatsApp Status akan memberikan sistem peluang untuk mempelajari perilaku pengguna. Hal tersebut yang akan menjadi polemik.

Menurut laporan Mashable, algoritma yang baru tidak akan seperti Facebook dan Instagram, mengingat WhatsApp tidak mengumpulkan banyak data milik penggunanya. Algoritma ini tidak akan mengubahnya, karena informasi yang diperlukan untuk menentukannya akan disimpan di ponsel pengguna, dan tidak akan menyentuh server WhatsApp.

Meski begitu, Facebook memiliki sejarah yang berantakan dengan algoritma dan isu keamanan privasi pengguna yang terus menghantuinya. Misteri algoritma timeline Instagram juga belum terpecahkan bagaimana cara kerjanya 

Aplikasi pesan milik Facebook ini mulai menguji algoritma tersebut kepada sekelompok kecil pengguna iPhone di Brasil, Spanyol, dan India. WhatsApp berencana akan mulai memperluas masa ujinya ke pengguna Android di masa depan, sebelum dirilis secara resmi ke seluruh penggunanya.

Tampilan baru pengaturan WhatsApp

Selain algoritma baru untuk Status, WhatsApp juga tengah menguji tampilan baru di bagian pengaturan. Setelah beberapa tahun, WhatsApp akhirnya bakal merombak tampilan UI aplikasi Android.

Perubahan pertama yang mereka terapkan adalah pengaturan. Hampir semua bagian di dalamnya dirancang ulang, mulai dengan menambahkan ikon baru hingga mengubah tampilan keamanan Two-step Verification.

Tampilan baru itu sudah tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta di Android dengan pembaruan versi 2.19.45. Sampai saat ini, WhatsApp belum memberikan konfirmasi kapan tampilan ini akan dirilis kebanyakan pengguna.

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews