10 Candi Megah yang Wajib di kunjungi Saat Ke Magelang

10 Candi Megah yang Wajib di kunjungi Saat Ke Magelang

foto:13770699291455415858

BATAMNEWS.CO.ID, Magelang – Bingung mau kemana saat liburan Lebaran 2018 nanti? #PesonaMudik2018 di Kota Magelang, Jawa Tengah, bisa menjadi jawabannya. Ada sederet tempat wisata yang layak Anda kunjungi. 

Salah satunya adalah yang paling megah di Indonesia, Candi Borobudur.Menteri Pariwisata Arief Yahya sering menyebut Borobudur sebagai “Mahakarya Budaya Dunia”. Borobudur adalah ikon destinasi di Jawa Tengah dan DIY. Candi ini sudah menjadi warisan budaya dunia yang tercatat di UNESCO. 

Borobudur diproyeksikan mendatangkan 2 juta wisman.“Atraksi berupa peninggalan budaya ini sudah berkelas dunia. Tidak ada yang lebih hebat dari Borobudur, tetapi ekosistem pariwisatanya harus dibangun,” kata Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

Berikut #Top10DestinasiLebaran2018 di Magelang yang dirangkum untuk #PesonaDestinasiLebaran2018 versi TripAdvisor.

1. Candi Borobudur

Berkunjung ke Magelang tak akan lengkap tanpa menginjakkan kaki di tempat wisata paling tersohor di dunia, Candi Borobudur. Candi yang menjadi 10 destinasi prioritas pariwisata ini dibangun pada rentang abad ke-18 Masehi oleh kaum Dinasti Syailendra ini telah dinobatkan sebagai salah satu warisan dan keajaiban dunia.

Melangkahlah ke dalamnya, dan Anda akan dibuat takjub dengan banyaknya arca. Kabarnya, ada sekitar 504 arca yang ada di bangunan bercorak Buddha ini. Meniti tangga hingga ke puncak, terdapat sebuah stupa berukuran besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil lengkap dengan arca di dalamnya. Konon, jika tangan Anda mampu menyentuh tangan arca, apa pun keinginan Anda akan segera terwujud.

2. Punthuk Setumbuk

Ingin menyaksikan fenomena matahari terbit atau tenggelam yang begitu menawan? Punthuk Setumbu adalah tempat wisata di Magelang yang tepat untuk Anda tuju. Bertemankan Gunung Merbabu dan Merapi, datang dan berpulangnya matahari menjadi peristiwa paling indah yang tak boleh Anda lewatkan.

 Siluet Candi Borobudur dari kejauhan juga akan membuat mata Anda semakin menatap takjub dan mulut tak hentinya berdecak kagum.Sebelum menjadi sebuah destinasi wisata favorit, dahulu Punthuk Setumbu hanyalah sebuah bukit setinggi 400 meter yang dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai ladang. 

Tersedia gazebo untuk pengunjung bersantai sembari menunggu datang atau pulangnya matahari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata di Magelang yang satu ini adalah saat musim kemarau datang, atau antara bulan Juni hingga Agustus.

3. Ketep Pass

Ketep Pass adalah sebuah tempat wisata di Magelang yang menyuguhkan pemandangan alam berupa megahnya Gunung Merapi yang bisa dipandangi dari jarak yang cukup dekat. Tempat wisata di Magelang yang dahulu bernama Gardu Pandang Ketep ini dibangun pada lahan seluas 8000 meter persegi.

Di sekitarnya, terdapat banyak penjaja makanan ringan, seperti misalnya penjaja jagung bakar, mi instan, dan susu jahe.Beberapa tahun berselang, tempat wisata di Magelang yang satu ini telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. 

Tak hanya berupa gardu pandang, sekarang telah terdapat pula Museum Vulkanologi yang menampilkan segala informasi seputar aktivitas Gunung Merapi. Selain itu, ada pula teater mini yang akan memutarkan film sejarah Gunung Merapi, perlengkapan Pancaarga, dan teropong.

4. Candi Mendut

Candi memang telah menjadi sebuah destinasi wisata yang amat menarik untuk dikunjungi. Kembali pada masa beratus tahun silam membuat kita mengerti bagaimana kisah-kisah kerajaan yang telah ada saling berebut kekuasaan. Salah satu candi yang wajib Anda tuju saat berkunjung ke Magelang adalah Candi Mendut.

Berdasarkan catatan yang ditulis oleh seorang arkeolog bernama J.G. de Casparis, Candi Mendut dibuat oleh kaum Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan Raja Indra. Namun, bangunan ini sempat menghilang, dan ketika ditemukan dan disusun kembali pada tahun 1836 silam, bagian atapnya tidak pernah ditemukan.

Masih dari catatan yang sama, dituliskan bahwa pada masa itu, Raja Indra membangun satu bangunan suci yang dinamai Wenuwana, artinya hutan bambu. Kabarnya, inilah yang membuat Casparis menyimpulkan bahwa latar belakang pembangunan Candi Mendut adalah sebuah tempat suci Raja Indra.

5. Candi Pawon

Tak jauh dari Candi Mendut, jangan lupa sekalian singgah ke Candi Pawon. Pada abad ke-20 silam, candi ini ditemukan dalam keadaan rusak di antara semak-semak. Lalu, bangunan ini pun dipugar pada tahun 1903. 

Tidak banyak informasi yang menceritakan tentang candi ini, tetapi dari sebuah catatan milik J.G. de Casparis, Candi Pawon dibangun lagi-lagi saat Dinasti Syailendra sedang berkuasa.Namun, bukti keberadaan Dinasti Syailendra sebagai pemilik candi ini tidak didapatkan, karena tak adanya arca bercorak Buddha.

Meskipun demikian, terdapat hiasan-hiasan berupa pohon hayati yang hingga kini digunakan sebagai simbol dari kalpataru. Hiasan ini diapit oleh Kinara-Kinari, sebuah makhluk berbadan burung dengan kepala manusia dan pundi-pundi.

6. Museum OHD

Kota Magelang tak hanya kaya akan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotis. Anda juga bisa menemukan wisata menarik lainnya, seperti misalnya Museum OHD. 

Museum yang berlokasi di Jalan Jenggolo No. 14, Kota Magelang ini adalah museum pribadi milik Dr. Oei Hong Djien yang memajang semua benda-benda koleksinya. Nama museum ini pun diambil dari singkatan namanya, OHD.Dr. Oei memulai menampilkan koleksinya sejak tahun 1970 silam. 

Hingga kini, lebih dari 2.000 koleksi telah terpampang di museum ini. Tempat wisata di Magelang ini buka mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB setiap hari, kecuali hari Selasa dan hari libur. Biaya masuk yang harus Anda bayar untuk bisa melihat koleksi Dr. Oei di museum ini adalah Rp50.000 per orang.

7. Rumah Kamera

Seperti namanya, destinasi satu ini memiliki bentuk yang teramat unik, yaitu menyerupai kamera tipe DSLR dengan lensa yang panjang. Tanggol Anggien Jatikusumo, sang pemilik, adalah seorang pelukis asal Semarang yang kini telah lama tinggal di Pulau Dewata, Bali. 

Awalnya, Tanggol membangun Rumah Kamera ini hanyalah sebagai tempat untuk galeri lukisannya sekaligus sekolah lukis.Bagian dalam rumah ini berisi hasil karya sang pemilik sendiri, baik dalam coretan pena atau campuran tinta. 

Terkadang, Tanggol mengunjungi rumah miliknya ini, jadi Anda bisa bertemu dengannya jika datang pada saat yang tepat. Daya tarik Rumah Kamera ini ada pada bagian atapnya atau puncak lensanya. Dari sini, Anda bisa menyaksikan pemandangan Gunung Merbabu, Sumbing, dan Merapi yang memesona.

Destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Majaksingi, Kabupaten Magelang ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan membayar biaya masuk sebesar Rp15.000 per orang. Jangan lupa untuk mengabadikan hasil karya Tanggol yang apik dan unik dalam lensa kamera Anda, ya!

8. Taman Kyai Langgeng

Tempat wisata di Magelang yang satu ini adalah sebuah taman rekreasi berbasis edukasi untuk buah hati dan keluarga. Kyai Langgeng sendiri merupakan seorang pejuang kemerdekaan pada masa pemberontakan bersama Pangeran Diponegoro yang mana makamnya bisa Anda temukan di salah satu area di taman seluas 5 hektare ini. 

Selain itu, terdapat berbagai fasilitas dan beragam wahana permainan seru yang bisa Anda coba di tempat wisata di Magelang ini. Hutan buatan menjadi pemandangan alam paling menakjubkan yang akan setia menemani kunjungan Anda.Tak hanya wisata alam, Anda juga bisa mengajak buah hati untuk mencoba serunya wahana air, edukasi, petualangan, permainan, hingga berwisata religi.

Meskipun demikian, Anda akan dikenakan biaya tambahan pada beberapa wahana, seperti misalnya pada wahana water ball, kolam renang, dan flying fox.Berlokasi di Jalan Cempaka No. 6 Kota Magelang, Taman Kyai Langgeng tak jauh dari pusat perbelanjaan Artos Magelang. Taman ini buka setiap hari hingga pukul 16.30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp25.000 saja.

9. Bukit Tidar

Disebut sebagai “Pakunya Tanah Jawa”, Bukit Tidar biasanya digunakan sebagai tempat berlatih Akademi Militer setempat. Asal mula nama Tidar pun tak sembarangan. Konon katanya, pada zaman dahulu, setiap orang yang berkunjung ke bukit ini selalu meninggal, atau dalam Bahasa Jawa disebut dengan “modar”. Ari kata Tidar sendiri pun “mati” atau “modar”.

Deretan pohon pinus yang menjulang tinggi membuat tempat wisata di Magelang ini masih tampak asri dan segar. Berjalan kaki sedikit, Anda akan menemukan sebuah makam keramat yang kabarnya adalah penakluk bukit ini, yaitu Syaikh Subakir. 

Tak jauh dari makam Syaikh Subakir, ada sebuah makam lainnya milik Kyai Sepanjang, yaitu tombak empunya Syaikh Subakir yang panjangnya hingga tujuh meter.

10. Pinusan Kragilan

Berada di kaki Gunung Merbabu, Pinusan Kragilan merupakan sebuah tempat wisata di Magelang yang didominasi oleh hamparan pepohonan pinus yang menjulang. Oleh para pengunjung, tempat wisata ini lebih akrab disapa dengan sebutan Top Selfie Pinusan Kragilan.

 Pemberian nama ini bukan tanpa alasan, karena memang ada banyak sekali tempat berfoto yang pemandangannya begitu menakjubkan. Salah duanya adalah di bagian tengah hutan dan di jalanan lurus yang lokasinya tepat di setelah pintu masuk.

Sembari menjelajah hutan dan berfoto, Anda bisa sekaligus menyusuri Sungai Selo Tumpang yang juga mengalir di sepanjang hutan pinus ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang, Anda sudah bisa mendapatkan liburan yang amat sempurna. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak diizinkan untuk mendirikan tenda dan berkemah di sini

(adv)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews