Apakah Minum Kopi Saat Puasa Bikin Dehidrasi?

Apakah Minum Kopi Saat Puasa Bikin Dehidrasi?

Para peneliti menemukan bahwa kafein tidak memiliki efek dehidrasi. (foto: tempo.co)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Banyak orang yang beranggapan sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi di saat sahur. Pemikiran tersebut karena alasan meminum kopi dapat meningkatkan dehidrasi saat berpuasa.

Tapi benarkah kopi dapat menyebabkan dehidrasi? Seorang profesor Departemen of Kinesiology Univeristas Connercticut, Lawrence Amrstrong justru berpendapat sebaliknya.

Menurutnya kopi tidak berefek demikian. Memang sifat diuretik dari kopi menyebabkan ginjal bekerja lebih sering menghasilkan sodium dan air berlebih pada urine.

Sebenarnya pemahaman mengenai efek kafein bisa membuat dehidrasi berasal dari sebuah studi di tahun 1928 yang menemukan adanya peningkatan buang air kecil dari orang yang minuman berkafein.

Armstrong menjelaskan sebenarnya asupan kafein tidak membuat tubuh menjadi lebih mudah haus karena banyak kehilangan cairan akibat sering buang air kecil.

"Peningkatan kecil pada pengeluaran urine hanya memiliki sedikit pengaruh pada tingkat dehidrasi tubuh," kata Arsmstrong dikutip dari Live Science.

Banyaknya urine yang dikeluarkan tubuh, ditentukan pada seberapa banyak air yang diminum.

Armstrong menegaskan, saat terjadi peningkatan cairan yang masuk ke tubuh, tentu akan terjadi peningkatan urine yang dikeluarkan tubuh.

"Jika Anda meminum satu liter air, tentu buang air kecil akan meningkat. Tapi bukan berarti Anda harus berhenti minum air (untuk mengurangi jumlah urine)," ujarnya.

Sebelumnya pada 2005, Armstrong dan tim peneliti telah melakukan penelitian atas mitos kafein bisa sebabkan dehidrasi. Mereka mempelajari gaya makan dari 59 orang pria sehat selama 11 hari.

Pria-pria tersebut diberikan dosis kafein tiap harinya. Dalam penelitian itu, para peneliti menemukan bahwa kafein tidak memiliki efek dehidrasi.

Daniel Vigil, profesor ilmu kesehatan keluarga di University of California Los Angeles, juga menjelaskan hal yang sama. Ia mengatakan meski kafein memiliki sifat diuretik, kita tidak akan kehilangan cairan tubuh lebih banyak melalui urine dibandingkan dengan cairan yang kita dapat dari minuman berkafein.

"Ketika Anda minum segelas kopi atau es teh, Anda juga mendapatkan asupan cairan yang cukup bersama dengan kafein tersebut," ujar Vigil seperti dilansir TIME.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews