5 Tips Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa

5 Tips Mengatur Pola Tidur Selama Bulan Puasa

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID - Jangan jadikan puasa sebagai alasan Anda untuk tidak bersemangat menjalani aktifitas sehari-hari. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda memperbaiki pola tidur saat puasa agar tidak mudah mengantuk saat beraktivitas di pagi hari.

 

1. Rutin Olahraga Saat Puasa

Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik, bahkan selama bulan puasa. Tapi hindari berolahraga yang terlalu intens terlalu dekat dengan waktu tidur.

Yang paling disarankan, berolahragalah di pagi hari. Jika kondisinya tidak memungkinkan, sebaiknya olahraga dilakukan sekitar empat hingga lima jam sebelum waktu tidur Anda dan berikan waktu sekitar satu jam untuk pemulihan dari aktivitas fisik sebelum waktu tidur.

2. Majukan Waktu Tidur

Sebisa mungkin, majukan waktu tidur Anda selama bulan puasa dan jadwalkan di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya jika selama bulan puasa Anda rutin melaksanakan salat Tarawih, usahakan untuk menyegerakan tidur setelahnya dan jangan paksakan begadang.

Anda seharusnya sudah berbaring di tempat tidur pada pukul 21.30 malam. Dan jika Anda tahu Anda harusnya tidur pukul 21.30, hentikan apapun aktivitas Anda yang memberatkan pada pukul 21.15, atau lebih cepat jika bisa.

Jika Anda tidak membiasakan tidur lebih cepat selama bulan puasa, maka jam tidur Anda bisa berkurang rata-rata 40 menit karena terpotong waktu sahur. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, ini akan mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement) yang bikin Anda mudah lemas dan mengantuk di siang hari.

3. Perhatikan Apa Yang Dikonsumsi Sebelum Tidur

Jangan tidur di saat kelaparan atau bahkan sangat kekenyangan. Khususnya, hindari makanan berat beberapa jam sebelum tidur. Langsung tidur setelah makan besar dapat membuat waktu tidur Anda terganggu, bahkan dapat meningkatkan risiko Anda terkena stroke.

Jika Anda sangat lapar dan terpaksa harus makan sebelum tidur, sebaiknya pilih makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah atau biskuit gandum.

Rokok dan kafein juga mesti Anda hindari jika mau menjaga pola tidur saat puasa.

4. Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur berdampak negatif bagi tubuh. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa tidur yang cukup merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, layaknya kebutuhan akan udara dan makanan.

Untuk menyiasatinya, usahakan untuk bangun sahur tepat waktu. Karena dengan demikian, tubuh Anda masih memiliki cukup waktu luang untuk mencerna makanan seoptimal mungkin demi menghasilkan energi yang Anda butuhkan nanti. Sesudahnya, Anda masih punya waktu sekitar 1-2 jam sebelum siap-siap melanjutkan rutinitas Anda. dengan demikian, Pergunakan waktu kosong ini untuk kembali tidur

5. Niat

Dari sekian cara diatas namun inilah yang paling penting. Karena seberapapun usaha yang dilakukan tapi tidak dibarengi dengan niat untuk menjaga aktifitas tidur anda, maka semua usaha anda akan sia-sia dan mustahil.

Jadi niatkanlah untuk membuat pola tidur anda terus terjaga.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan agar pola tidur anda tetap terjaga selama bulan puasa.

(put)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews