Puting Beliung Rusak Rumah Warga

Puting Beliung Rusak Rumah Warga

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Angin puting beliung tampak di kawasan Piayu Laut, Tanjung Piayu, Batam, Minggu (29/4/2018) siang.

Dalam durasi video kiriman dari pemilik akun Joanda Zhang, angin itu keluar dari kumpulan awan hitam membentuk lingkaran menuju ke permukaan laut.

Angin tampak mengenai rumah penduduk di sekitaran pantai dan mengangkat atap rumah warga.

Di dalam video juga terdengar orang yang merekam kejadian, ini sesekali berteriak histeris melihat angin mengenai rumah warga.

“Anginnya mendekat, anginnya mendekat. Wooo!! diangkat semua,” teriak orang di dalam video tersebut.

Admin BMKG Batam ketika dihubungi batamnews membenarkan bahwa puting beliung  itu.

“Kalau dari gambar yang dibagikan, kejadian tersebut adalah waterspout atau puting beliung yang terjadi di atas laut berasal dari Awan Cb. Durasinya berkisar antara 5-10 menit,” ujarnya

Dia melanjutkan, kejadian itu terjadi apabila selisih suhu antara pagi dan siang hari cukup besar. Biasanya lebih dari 3 derajat Celcius, kemudian terbentuk awan Cummulunimbus, kerap terjadi saat musim peralihan.

“Kejadian tersebut lokal sekali, jadi sulit untuk diprediksi. Diimbau untuk berhati-hati apabila melihat awan Cummulunimbus yang pekat dan tebal, serta pada pagi hingga siang hari terasa sangat gerah karena suhu udara yang meningkat,” katanya lagi.


(ude)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews