Menikmati Indahnya Hamparan Puncak Bukit Permata

Menikmati Indahnya Hamparan Puncak Bukit Permata

Bukit Permata (foto : Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Bukit Permata atau lebih populer dengan nama Gunung Sepincan. Bukit ini berada di Daik Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) yang memiliki pemandangan hamparan hutan yang indah di puncaknya.

Bukit Permata dengan ketinggian 1001 Mdpl ini merupakan gunung kedua di Kepri setelah Gunung Daik yang memiliki ketinggian 1165 Mdpl.

Beberapa tahun terakhir, jumlah para pendaki yang berkunjung ke gunung tersebut semakin meningkat. Para pendaki lokal, luar daerah dan bahkan ada yang berasal dari negara tetangga seperti Singapore dan Australia sangat menikmati pendakian gunung tersebut.

Tahun 2017 ini Dinas Pariwisata, Pemudan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga akan fokus pada pengembangan objek wisata pendakian yang berada di Desa Panggak Darat itu.

Kepala bidang Destinasi Wisata di Disparpora Lingga Zalmidri mengatakan, saat ini proses pengerjaan tracking pendakian Bukit Permata sedang dikerjakan.

Kata Zalmidri, dana bantuan untuk pembukaan tracking tersebut telah diserahkan Disparpora kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Panggak Darat untuk pengelolaannya.

"Itu kawan-kawan disana (Panggak Darat) sudah mengerjakan. Kemudian rencana hari Sabtu ini mereka melanjutkan lagi. Karena papan plang menunjukkan jalan itu sudah kita siapkan juga. Karena setiap lokasi yang strategis kita siapkan juga plang penunjuk arahnya," kata Zalmidri di ruang kerjanya, Kamis (13/07/2017).

Dalam waktu dekat, kata Zalmidri, pintu gerbang masuk objek pendakian Bukit Permata tersebut akan segera dibangun.

"Sudah ada pekerjanya. Nanti lebar jalan untuk sementara kita sesuaikan dengan gerbang nya dulu, tapi nanti mudah-mudahan tahun 2018 Dinas PU masuk 1,7 km jalan itu dapat dikerjakan," ujarnya.

Ia mengatakan, daerah yang rawan dalam tracking pendakian Bukit Permata tersebut sudah dipasang alat bantu seperti tali. Dan, sejumlah lokasi tersebut juga sudah dilakukan pembenahan.

"Saya berharap dengan dibukanya track pendakian ini dapat menambahkan kunjungan ke Bukit Permata ini. Karena mereka dapat dengan lebih mudah untuk berkunjung ke Bukit Permata," katanya.

Ruzi Wiranata

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews