Misteri Penemuan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Misteri Penemuan Dunia Lain Tersembunyi di Bawah Antartika

Ilustrasi (Foto: AP/Robert Taylor)

Batam - Para ilmuwan berhasil menemukan dunia lain tersembunyi di bawah permukaan Antartika. Jaraknya sekitar 1.640 kaki (500 meter) di bawah permukaan es tersebut.

Mereka mengebor permukaan es dan berikutnya menjatuhkan kamera ke dalam lubang tersebut. Ternyata para peneliti melihat beberapa bintik buram dan kecil berkedip di hadapan kamera.

Ternyata itu bukan pertanda kamera rusak, tetapi adalah kawanan amphipoda kecil (krustasea malacostracan tanpa karapas dengan badan lateral terkompresi yang biasa memakan bangkai hewan laut). Menurut para peneliti, mereka tidak mengharapkan menemukan jenis kehidupan apapun di bawah permukaan.

Para peneliti berpendapat dunia tersembunyi di bawah es Arktik jadi bukti nyata ekosistem yang berperan. Secara keseluruhan, mereka menyebutkan penemuan dunia tersembunyi membuat mereka melompat kegirangan, dikutip BGR, Rabu (23/11/2022).

Penemuan dunia tersembunyi itu terdapat pada The Rose Ice Shelf. Tempat ini merupakan lapisan es terbesar dunia dan menjadi fokus pada beberapa proyek penelitian selama bertahun-tahun.

Menurut para ilmuwan, secara kebetulan mereka menemukan struktur yang menampung seluruh ekosistem amphipoda di dalamnya.

Para ilmuwan juga mengharapkan bisa lebih memahami skenario iklim berbeda dan bisa mengubah Laut Ross. Apa yang mereka temukan merupakan pencapaian luar biasa dan diharapkan dapat terus menjelaskan soal bagian dunia yang dingin dan misterius tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews