Mantan Sekjen PBB Javier Perez de Cuellar Tutup Usia

Mantan Sekjen PBB Javier Perez de Cuellar Tutup Usia

Javier Perez de Cuellar. (Foto: Andina.pe)

Lima - Javier Perez de Cuellar, mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa meninggal dunia pada Rabu 4 Maret, dalam usianya ke-100 tahun.

Putranya, Francisco Perez de Cuellar, mengatakan ayahnya meninggal di rumah karena faktor usia. Sekretaris Jenderal AS saat ini Antonio Guterres menyebut diplomat Peru itu sebagai "inspirasi pribadi." Demikian seperti dikutip dari AP, Kamis (5/3/2020). 

"Kehidupan Perez de Cuellar membentang tidak hanya satu abad tetapi juga seluruh sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa, berasal dari partisipasinya dalam pertemuan pertama Majelis Umum pada tahun 1946," kata Guterres.

Meninggalnya Perez de Cuellar mengakhiri karier diplomatik panjangnya, yang membawa sepenuhnya dari jabatan pertama sebagai sekretaris di kedutaan Peru di Paris pada 1944 hingga pekerjaan selanjutnya sebagai duta besar Peru untuk Prancis.

Ketika ia memulai masa jabatannya sebagai sekretaris jendral AS pada 1 Januari 1982, ia adalah seorang warga negara Peru yang dikenal sebagai kandidat kompromi pada saat Perserikatan Bangsa-Bangsa dijunjung rendah.

Menjabat sebagai wakil menteri luar negeri untuk urusan politik khusus, dia muncul sebagai kandidat kuda hitam pada Desember 1981. Setelah terpilih, ia dengan cepat membuat perubahan.

Terganggu oleh berkurangnya efektivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa, ia berusaha untuk merevitalisasi mesin pemeliharaan perdamaian yang rusak di badan dunia.

Langkah pertamanya adalah "mengguncang sistem di dalam organisasi" dengan laporan yang sangat kritis di mana ia memperingatkan: "Kami sangat dekat dengan anarki internasional baru."


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews