Pernyataan Pejabat Sumbar soal Isu Penyetopan Penerbangan Batam-Padang

Pernyataan Pejabat Sumbar soal Isu Penyetopan Penerbangan Batam-Padang

Nasrul Abit (Foto: Langgam.id)

Padang - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit membantah adanya pelarangan penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam. Menurutnya, statemen yang dikutip beberapa media tersebut diplintir dan dengan tegas ia menyatakan bahwa tidak pernah melarang atau meminta penerbangan dari Batam ditutup.

Seperti yang dikutip dari beberapa media, menuliskan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar berencana menutup penerbangan dari luar negeri dan juga dari Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisasikan kekhawatiran penyebaran Virus Corona di provinsi tersebut.

Ditegaskan Nasrul Abit, terkait penutupan penerbangan dari Bandara Hang Nadim Batam ke Padang, tidak ada wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

“Soal ‘Bakal Tolak Penerbangan dari Hang Nadim Batam’ itu kebijakan dari Pemerintah Pusat bukan Pemprov Sumbar,” ujarnya di Padang, Rabu (4/3).

Lalu, dikatakannya, jika ada yang berkunjung ke Sumbar dan dinyatakan positif corona, Pemprov Sumbar telah siap dengan itu semua. “Kita sudah siapkan dua rumah sakit untuk itu, baik peralatan ataupun tenaga medis. Juga sudah ada ruang isolasi,” ungkap Nasrul.

Ia menyatakan, apa yang dikutip oleh beberapa media tersebut, tidak benar sama sekali. “Itu diplintir,” jelasnya.

Berikut pernyataan Nasrul Abit terkait adanya beberapa media yang mengutip bahwa Wagub Sumbar bakal tolak penerbangan dari Batam:

  1. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit tidak pernah menyatakan “bakal tolak penerbangan dari Hang Nadim Batam”, karena tidak ada wewenang pemprov Sumbar, itu kebijakan dari Pemerintah Pusat.
  2. Wagub Sumbar menjelaskan, apabila ada salah satu pengunjung positif terinfeksi Covid-19 atau suspect virus corona, Pemprov Sumbar telah mempersiapkan segala kemungkinannya. Mulai dari Bandara sampai penyiapan rumah sakitnya.
  3. Untuk kesiapsiagaan jika ada masyarakat terindikasi suspect atau terinfeksi virus Corona, Pemprov Sumbar telah menyiapkan RS M. Jamil di Padang dan RS Achmad Mochtar di Bukittinggi sebagai tempat pelayanan kesehatannya.
  4. Wagub Sumbar menyatakan, bahwa “Sesuai arahan dan pernyataan pak Gubernur Sumbar, diminta kita semua waspada, tetapi jangan panik. Tetaplah jaga kesehatan, pola hidup yang sehat dan yang terpenting berserah diri kepada Allah SWT”.
  5. Jadi, sekali lagi disampaikan, bahwa apa yang telah dipublish oleh beberapa media, bahwa Wagub Nasrul Abit menyatakan “pemprov Sumbar tolak penerbangan dari Batam”, adalah tidak benar dan Wagub Nasrul Abit tidak pernah menyatakan seperti itu.

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews