Tak Perlu Beli, Begini Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Tak Perlu Beli, Begini Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Hand sanitizer. (Foto: I-stock)

Jakarta - Mewabahnya Virus Corona Covid-19 di Indonesia membuat publik khawatir. Tak sedikit yang bahkan telah membeli banyak persediaan masker mencegah penularan virus Corona.

Tak hanya masker, penjualan hand sanitizer pun nampaknya langsung melonjak tinggi. Ya, memang hand sanitizer menjadi salah satu benda yang sangat dicari saat ini selain masker.

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang telah kesulitan mencari hand sanitizer di toko-toko maupun apotek terdekat bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ada beberapa bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat hand sanitizer ini. Melansir dari WikiHow, berikut rinciannya:

Bahan-bahan:

- 2/3 cup alkohol 99% atau alkohol isopropyl
- 1/3 cup gel aloe vera murni
- 8 - 10 tetes minyak esensial seperti lavender, cinnamon atau peppermint
- Mangkuk
- Sendok
- Botol plastik
- Corong

Cara membuat:

1. Hal pertama yang harus dilakukan yakni campurkan alkohol 70% dengan gel aloe vera di dalam mangkuk dan aduk hingga merata.
2. Jika kamu merasa tekstur kurang lembut, tambahkan aloe vera lagi secukupnya.
3. Selanjutnya, tambahkan minyak esensial dan aduk secara perlahan. Kamu bisa menyesuaikan jumlah minyak esensial sesuai dengan aroma yang disenangi.
4. Jika sudah dirasa cukup, masukkan cairan tersebut ke dalam botol plastik yang sudah disiapkan menggunakan corong. Hand sanitizer homemade ini pun siap digunakan di setiap saat kamu membutuhkannya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews